Hari Pahlawan, Bupati Siak Semangat Pahlawan Adalah Semangat Berjuang dan Berkorban

Posted by

PERAWANGPOS, SIAK - Bupati Siak H Syamsuar memimpin upacara Peringatan Hari Pahlawan di halaman Kantor Bupati Siak, Kamis (10/11) pagi. Hadir pada upacara tersebut,

Wakil Bupati Siak Alfedri, anggota DPRD Komisi IV Siak Indra Sumaryo, Wakapolres Siak Kompol Indra, Perwira Penghubung Kodim 0303 Bengkalis Mayor Sumarno, Kajari Siak Zondri, Ketua Pengadilan Negeri Siak Asmudi.

Dalam amanah Menteri Sosial Kofifah Indar Parawangsa yang dibacakan Bupati Siak selaku inspektur upacara menyampaikan, pengalaman merebut dan mempertahankan kemerdekaan juga menunjukkan betapa spirit perjuangan dan mental, karakter kepahlawanan memiliki daya hidup yang luar biasa dalam menghadapi berbagai rintangan dan penderitaan.

Peringatan Hari Pahlawan, kata Bupati, harus mampu menggali apinya, bukan abunya. Dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi.

"Semangat Kepahlawanan adalah semangat persatuan, persatuan yang bulat-mutlak dengan tiada mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan. Semangat Kepahlawanan adalah semangat membentuk dan membangun negara," ujar Syamsuar.

"Singkat kata, Gerakan Hidup Baru adalah gerakan revolusi mental untuk menggembleng manusia Indonesia menjadi manusia baru, yang berhati putih, berkemauan baja, bersemangat Elang Rajawali. Berjiwa api yang menyala-nyala," kata Syamsuar.

Lanjutnya, itulah jiwa patriotisme progresif yang harus dikobarkan dalam menghadapi tantangan dan persoalan pembangunan hari ini. "Dengan suatu tekad dan ketulusan untuk bersama-sama saling bahu-membahu, dilandasi makna dan nilai integritas,

etos kerja dan gotong royong, maka saya yakin bangsa Indonesia dapat mengatasi berbagai permasalahan yang melanda dan dapat menjadi bangsa "Pemenang",

mampu bersaing dengan negara dan bangsa lain. Hal ini sejalan dengan Tema Hari Pahlawan 2016 yaitu, Satukan Langkah Untuk Negeri," paparnya.

Bertindak selaku komandan upacara Komandan Rayon Militer Perawang Kapten Efendi Sihombing, Perwira Upacara Wakil Komandan Rayon Militer Perawang Kapten Poltak Girsang,

Pembaca UUD 45 Ahmad Puspita Tata Negara fungsional umum Disosnaker dan Pembaca Pesan pesan pahlawan Said Muzani Kabid Kebudayaan Disdikbud.

Upacara tersebut diikuti TNI, Polri, Pemuda Panca Marga, ASN, Honorer, dan Pelajar. Dihadiri Ketua Legium Veteran Siak Abdullah Teguh, Kapolsek Siak Kompol Abdul Rahman,

Komandan Rayon Militer Siak Mayor Suherman, Kepala Bea Cukai Siak, Kepala Kantor Imigrasi kelas II Siak, organisasi Pemuda KNPI, Karang Taruna.

Sumber: Riaumandiri.co


Blog, Updated at: 14.06.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda