FH Kritik Kebijakan Pemerintah Hapuskan UN

Posted by

PERAWANGPOS - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengkritik wacana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Muhadjir Effendy yang akan menghapus Ujian Nasional (UN). Menurut Fahri Kemendikbud harus mengacu pada UU Sistem Pendidikan Nasional sebelum mengambil keputusan.

"Kemendikbud kita harus datang dengan konsep yang lebih jangka panjang perspektifnya. Jangan ganti menteri ganti aturan, trauma lama itu, kalau bisa mengacu pada UU Sistem pendidikan Nasional yang ada," ujar Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (28/11/2016).

Fahri secara gamblang menyatakan ketidaksetujuannya terkait penghapusan UN ini. Dia mengimbau Kemendikbud melakukan kajian secara mendalam sebelum mengambil keputusan.

"Saya tidak setuju policy tidak berbasis sesuai desain sistem pendidikan nasional. Jangan terlalu pragmatis, pendidikan itu terkait isi dan konten, jiwa raga Indonesia," katanya.

Politikus PKS ini menyarankan Kemendikbud membuat aturan untuk jangka panjang. Sehingga dia berharap pendidikan nasional di Indonesia memiliki karakter.

"Kalau bikin long term basisnya adalah UU Sistem Pendidikan Nasional sehingga bisa dikenal Indonesia punya karakter dalam pendidikan nasional," bebernya.

"Kaya gini enggak ada karakter ubah lagi-ubah lagi. Teorinya enggak ada lagi, belok dia dari angka begitu terus," sambung dia.

Sebelumnya wacana moratorium penghapusan UN ini dikatakan Muhadjir sejalan dengan konsep Nawacita Presiden Joko Widodo. Pemerintah akan menerapkan desentralisasi pendidikan.

"Tadi kan Presiden sudah menyampaikan. Jadi itu intinya desentralisasi. Jadi nanti Kemendikbud dan BNSP akan menetapkan standar nasionalnya. Kemudian sebagai pelaksana diserahkan kepada provinsi untuk SMK dan SMA sederajat. Dan atau SD dan SMP dan yang sederajat akan diserahkan kepada kabupaten/kota," kata Muhadjir usai menghadiri acara Peringatan Hari Guru Nasional di Sentul, Bogor, Minggu (27/11/2016).

Sumber: detik.com


Blog, Updated at: 14.28.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda