Ketua APINDO Riau Mas Wijatmoko Bantu UMKM ke Pasaran Dunia

Posted by

PERAWANGPOS, PEKANBARU- Pertumbuhan ekonomi suatu daerah berbanding lurus dengan perkembangan usaha baik dan industri di daerahnya. Salah satu perkembangan usaha yang mulai menjadi primadona saat ini adalah pergerakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).  Namun begitu, sedikit dari produk UMKM yang mampu bersaing di pasaran terutama mempersiapkan diri dalam tantangan masyarakat ekonomi ASEAN (MEA).

Hal tersebut yang disadari Wijatmoko Rah Trisno SE dewasa ini. Sebagai alumni Manajemen Fakultas Ekonomi Unri angkatan 1989, Wijatmoko mencoba untuk memberdayakan pengerak UMKM khususnya di Riau ini. Jabatan yang diamanatkan kepadanya sebagai Ketua DPP Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Riau, dengan membawahi 120 perusahaan besar, ia aktif melakukan konsolidasi terhadap koperasi-koperasi dan UMKM yang dinilai mampu meningkatkan diri sebagai pemilik omzet besar.

"UMKM adalah usaha yang takkan lekang dimakan krisis globalisasi. Usaha ini harus dibina agar pengusaha kecil tersebut bisa terus berkembang. Karena tak bisa dipungkiri, masa depan nanti dunia akan dikuasai oleh wirausahawan, bukan pegawai. Maka dari itu, semangat entrepreneur mereka harus selalu kita tumbuhkan. Bagaimanapun mereka ini akan menjadi motor perekonomian masyarakat ke depannya," ujar terangnya.

Kosentrasinya membantu dalam peningkatan UMKM sudah mulai membuahkan hasil. Di bawah Wijatmoko, Apindo beranggotakan perusahaan-perusahaan besar juga peduli terhadap nasib pengusaha-pengusaha kecil, seperti UMKM. Upaya yang dilakukan mulai dari konsolidasi bersama pemerintah pusat, dinas terkait dan perbankan agar UMKM bisa memiliki peluang yang lebih untuk maju. Ia bermimpi ke depan UMKM di Riau bisa merambah ke lini produksi yang lebih besar. Ekonomi kerakyatan bisa terus tumbuh dan menyejahterakan masyarakat.

"Sejauh ini, kiprah saya sebagai alumni Unri memang berkutat pada dunia bisnis dan ekonomi. Karena dasar saya memang di manajemen. Meski belum seberapa, saya berharap membawa pengaruh dan manfaat bagi banyak orang, khususnya karyawan," jelasnya.

Diceritakannya, apa yang dilakukannya tersebut sedikit banyak terpengaruh oleh kegiatannya saat masih menjadi mahasiswa tersebut. Kemampuan organisasi dan juga manajemennya didapat saat aktif dalam organisasi intra kampus dan sempat pernah juga dipercaya menjabat sekjen organisasi mahasiswa yang aktif dan kritis.

Bekal tersebutlah yang kini dijadikannya pedoman sebagai pengusaha sekaligus pemimpin organisasi. Ia berharap, ke depan semakin banyak alumni Unri yang bisa memiliki peran dalam memajukan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Sumber: riaupos.co
Ket. Foto : Wijatmoko Rah Trisno SE (Manajemen FE Angkatan 1989)


Blog, Updated at: 09.19.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda