Google Luncurkan Smartphone "Penghancur" Samsung dan Apple

Posted by

PERAWANGPOS -- Google akhirnya masuk dalam persaingan bisnis ponsel pintar global melalui perangkat terbarunya yang diberi nama Pixel yang akan jadi penantang ponsel premium sekelas Samsung Galaxy S7 sampai Apple iPhone 7.

Pixel berbeda dengan ponsel pintar seri Nexus, yang sebelumnya didesain oleh Google, tetapi perakitannya digarap oleh produsen peranti keras. Pixel benar-benar mengusung merek Google sekaligus jadi pengganti Nexus.

Pixel hadir dalam dua ukuran layar, yaitu 5 inci dan 5,5 inci. Material bodinya dibalut oleh alumunium dan disertai pemindai sidik jari di punggung ponsel. Google tak memberinya penomoran dalam hal nama agar tak membingungkan konsumen.

Kedua ponsel ini mengusung spesifikasi teknis yang sama. Prosesornya memakai Qualcomm Snapdragon 821 dan berjalan dengan sistem operasi Android 7.0 (Nougat). Google menjanjikan Pixel akan mendapat pembaruan langsung sistem Android, seperti halnya seri Nexus.

Kamera jadi unit yang paling diutamakan oleh Google. Dengan resolusi 12 megapixel, Pixel dijanjikan sebagai ponsel dengan kemampuan foto terbaik oleh Google. Lensanya memakai diafragma f/2.0. Kamera Pixel memeroleh nilai 89 dari DxOMark.

Begitu juga dalam perihal video, yang dijanjikan sangat stabil ketika merekam gambar. "Ponsel ini dirancang agar bagian dalam dan luarnya menjadi sederhana dan pintar,” kata Brian Rakowski, Wakil Presiden Manajemen Produk Google.

Keandalan dalam hal fotografi itu didukung oleh media penyimpanan foto di awan Google Cloud yang tanpa batas. 

Google Pixel tersedia dalam waktu hitam, biru, dan silver. (REUTERS/Beck Diefenbach)

Dalam kesempatan ini, Rakowski sempat menyindir perangkat Apple iPhone yang sering menunjukkan keterangan “Storage Full” lantaran tak ada ruang penyimpanan kosong dan membuat sering pengguna frustasi.

Google juga menyebut Pixel sebagai ponsel pertama yang dibangun dengan fitur asisten pribadi virtual Google Assistant yang bisa dimanfaatkan untuk mengetahui cuaca, lokasi, memesan restoran, sampai mencari konten di Internet. 

Rakowski pun mendemonstrasikan ia mengirim SMS memanfaatkan Assistant. Peranti lunak dengan kecerdasan buatan ini juga akan bekerja dengan aplikasi WhatsApp, Viber, dan aplikasi pesan lain.

Pixel juga telah mengadopsi colokan model baru USB Type-C untuk mengisi daya baterai dan transfer data. Teknologi pada baterainya diklaim bisa mengisi daya secara cepat.

Ponsel Google Pixel dijual mulai dari US$ 649 atau sekitar Rp8,5 juta dan mulai bisa dipesan hari ini, untuk kawasan Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan Inggris. Ia tersedia dalam warna hitam, silver, dan biru. 

Di Negeri Paman Sam, Google Pixel dijual mulai dari US$ 649 atau sekitar Rp8,5 juta dan mulai bisa dipesan hari ini. Ponsel ini juga mulai dijual di Australia, Kanada, dan Inggris. Belum diketahui pasti ketersediaan dan harga Pixel di negara lain. [Pp]

Sumber : CNN


Blog, Updated at: 08.26.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda