Wabup Siak, Membuka DIKSARLIN di Gedung Mahratu

Posted by

PERAWANGPOS, SIAK - Wakil Bupati Siak H Alfedri membuka Pendidikan Dasar Kedisplinan (Diksarlin) bagi mahasiswa baru Akademi Komunitas (AKN) Angkatan III Kabupaten Siak di Gedung Tengku Mahratu, Senin (26/9/2016).

Dalam arahannya H Alfedri mengatakan, kegiatan ini mempunyai peranan penting bagi pembentukan karakter mahasiswa karena dengan berdisiplin mudah-mudahan bisa menghasilkan manusia yang produktif. SDM yang baik modal dasarnya harus disiplin, jadi keberhasilan maupun kesuksesan  itu akan bisa kita raih dengan kerja keras dan pengorbanan, jelas Wabup.

Ia mencotohkan negera maju seperti Singapura bisa maju karena budaya disiplin mereka, disana sumber daya alamnya bisa dikatakan tidak ada, sementara itu kita (Indonesia) memikili sumber daya alam yang banyak, namun SDM kita relative dibawah Singapura, kata Wabup.

Oleh karena itu mahasiswa AKN ini dibekali dengan pendidikan dasar disiplin. Akademi Komunitas Siak ini merupakan perguruan tinggi negeri yang pertama di Kabupaten Siak.
Kemudian pendirian dari akademi komunitas ini harus ada dukungan dari perusahaan di daerah tersebut, karena diharapkan mahasiswa AKN setelah selesai dapat langsung bekerja di perusahaan yang mendukung tersebut.

AKN ini konsepnya kan berbeda dari perguruan tinggi umum lainnya, dengan adanya kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Siak dengan PT. IKPP dan PT. Arara Abadi dimana kurikulumnya pihak perusahaan pun ikut menyusun. Begitu juga dengan fasilitatornya mereka akan tunjuk sendiri, kemudian setelah tamat mahasiswa tersebut dapat langsung bekerja di perusahaan tersebut.

Ini adalah bagian dari upaya pemerintah kabupaten Siak dalam mengatasi pengangguran, selain itu juga membuka peluang investasi yang sebesar-besarnya di Kabupaten Siak.

"Sekali lagi saya ingatkan kepada adik-adik mahasiswa agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, karena kedepan kita ini dihadapkan dengan persaingan bebas yaitu masyarakat ekomomi Asean," katanya.

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) adalah suatu komunitas besar tidak hanya satu tetapi lintas Negara. Bisa kerjasama dalam bidang keamanan, bidang ekonomi maupun seni dan budaya. inikan kerjasama lintas yang bebas antar Negara, bisa bebas lintas barang, lintas jasa, lintas tenaga kerja, lintas bebas perdagangan.

"Kita harus meningkatkan sumber daya manusia yang siap pakai dalam rangka mempersiapkan masyarakat ekonomi Asean tersebut. Mari tingkatkan kualitas pribadi masing-masing," harap Wabup.
Berdasarkan hasil ujian masuk Akademi Komunitas Siak angkatan III sebanyak 123 orang mahasiswa baru dan 104 orang di wisudakan pada hari ini.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Pembantu direktur III Politeknik Negeri Sriwijaya Irwan Gusnadi, Anggota DPRD Siak Bidang Pendidikan Sujarwo, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan H. Kadri Yafis beserta staf dan staf pengajar Akademi Komunitas Negeri Siak./hms


Blog, Updated at: 06.10.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda