Permainan Budaya Melayu! Turnamen Open Gasing Kembali Digelar

Posted by

PERAWANGPOS, SIAK-Dalam Rangka memeriahkan Hut RI Ke 71 serta untuk  membangkitkan kembali dan mengembangkan Permainan Budaya lama supaya tidak hilang di telan Zaman,Asisten Administaris Umum  Drs H Jamaluddin MSi secara Resmi buka Turnamen Open Gasing yang dilaksanakan di Kampung Kwalian Kelurahan Kampung Rempak Jumat 9 September 2016.

"Assisten III : Membangkitkan kembali serta mengembangkan Permainan Budaya Lama supaya tidak hilang di telan Zaman.

Sebagai untuk mejalin tali silaturahmi serta untuk memeriahkan Hut RI Ke 71,Kelurahan Kampung Rempak  Taja kegiatan Pertandingan Turnamen Open Gasing yang dilaksanakan di Kwalian Depan Masjid Ar Rahmat.

Sebanyak 12 Tim yang  ikut berlaga dipertandingan Turnamen Open Gasing telah siap untuk bertanding serta juga dihadiri dari perwakilan  Persatuan Gasing Pekanbaru desa Okura.  H Arifin selaku Panitia penyelenggara mengatakan kegiatan ini bertujuan sebagai memberikan nuansa baru khusus nya untuk Masyarakat Siak.tentu nya kegiatan ini kita suguhi dengan permainan tradisi gasing,dengan harapan semoga kedepan permainan  gasing ini bisa  kita lestarikan dan kita budayakan kembali di Kabupaten Siak ini.

Kami juga berencana untuk melanjutkan pertandingan gasing anak anak nanti nya.
Dengan tujuan agar anak anak kita pada sekarang ini akan selalu ingat dengan  Permaianan Rakyat yang telah ada sejak zaman dahulu"kata Arifin.

Permainan Gasing ini merupakan permainan yang sudah lama sejak zaman dahulu,terang Arifin,untuk itu saat ini sudah dilupakan oleh Masyarakat,namun pada saat ini lah kita angkat kembali  Budaya permainan gasing tersebut agar tidak terlupakan, Harap nya.

Semoga dengan adanya Turnamnen Gasing ini,bisa kita angkat kembali dan bisa kita tumbuhkan,mengingat pada Zaman sekarang ini telah banyak nya permainan yang sesuai dengan perkembangan zaman kata Arifin.

Selain itu kata dia,Siak juga pernah  mewakili Indonesia ketika mengikuti Turnamen Gasing di Malaysia,untuk itu lah saya berharap agar siak bisa menjadi pemain gasing yang lebih banyak serta untuk melestarikan budaya bangsa kita.

Bupati Siak yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Drs H Jamaluddin MSi mengatakan,tentu nya  kami dari Pemerintah Kabupaten Siak sangat memberikan Apresiasi serta memberikan penghargaan yang setinggi tinggi nya kepada Pengurus Panitia Gasing yang telah berinisiatif dan bersusah payah untuk  membuat turnamen  permainan gasing ini.

Tentu nya juga permainan gasing ini  telah menjadi permainan Rakyat di Dunia ini dan tidak saja hanya ada di Indonesia, selain sebagai ajang menjalin tali  silaturahmi,ini juga merupakan seni untuk permainan gasing.bagi yang pandai strategi nya,maka itu lah letak dari seni permainan gasing tersebut,"kata Jamaluddin"

"Bagi anak anak ,kami mengharapkan kira nya dapat belajar bermain gasing,dikarenakan ini merupakan seni serta keterampilan dari permainan gasing,jelas nya."

Dikatakan oleh jamaluddin,Untuk itu,kiranya agar  dapat mengembangkan permainan gasing ditempat masing masing,sehingga bisa kita ajarkan untuk anak anak kita nanti nya.

Selain itu,beliau juga mejelaskan bahwa dengan banyak nya permainan gasing,maka nanti nya  juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi  masyarakat,apa lagi untuk yang membuat gasing tersebut.ini lah yang kita harapkan untuk kedepan nya nanti serta menjadi tantangan bagi peminat gasing sesuai dengan model dan kayu yang dibuat untuk gasing yang mereka ingin kan.

"Pada bulan oktober besok ,direncanakan  akan dibuat pertandingan  Open Turnamen Gasing Bupati Cup,untuk itu lah bagi semua kalangan bisa di ikutkan.baik dari dalam maupun diluar daerah kita,Himbau nya."

Mari kita bertanding dan berlomba secara Sportifitas serta harus hati hati dalam melakukan permainan ini,saya juga menghimbau kepada Masyarakat untuk meyaksikan pertandingan Open Turnamen Tradisional yang dilaksanakan oleh Keluraha Kampung Rempak tutup nya.

Dalam pembukaan Pertandingan Turnamen Open Gasing tersebut juga di hadiri oleh Kepala Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan H Wan Ibrahim,Camat Siak Wan Syaiful Effendi  serta tokoh masyarakat./hms


Blog, Updated at: 06.16.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda