Mobil Samaran Hanya Ada di Siak, Bisa Turunkan Angka LAKA

Posted by

PERAWANGPOS, DAYUN – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resort (Polres) Siak terus berupaya untuk menekan akan kecelakaan kendaraan, salah satunya adalah mobil samaran. Berkat inovasi ini, kasus Kecelakaan Lalu Lintas (Laka lantas) di kabupaten Siak menurun jika dibandingkan dari tahun lalu sampai bulan Agustus ini.

Dimana saat ini, berdasarkan data perbandingan Laka lantas Direktorat Lalu Lintas Polda Riau pada Januari hingga Agustus 2016 terjadi sebanyak 100 kasus, angka tersebut turun 40 persen jika di bandingkan dengan data tahun 2015.

“Penyumbang Lakalantas adalah disebabkan oleh parkir truk, karena mogoknya truk, seperti beberapa hari sebelumnya truk yang parkir di maredan di hantam oleh truk lainnya karenan truk yang parkir itu tidak dilengkapi rambu hati hati,” jelas Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Siak AKP Galih Aprilia, Jumat (9/9/16).

Saat ini, Kabupaten Siak pada rangking 4 tingkat Laka lantas se-Riau, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya Kabupaten Siak berada pada rangking ke-2 setelah Pekanbaru.

“Kita sangat prihatin melihat Laka lantas di Siak sangat tinggi, sehingga kami termotivasi untuk berinovasi membuat mobil samaran agar bisa menekan angka kecelakaan, berkat mobil samaran itu, angka Lakalantas di Siak sudah menurun,” jelas Alumni Akpol ini.

Startegi yang dilakukan Satlantas Polres Siak untuk mobil samaran ini dipasang layaknya mobil polisi sungguhan yang tampak di titik-titik yang rawan kecelakaan. Saat ini Satlantas Polres Siak sudah memasang sedikitnya 6 titik mobil samaran yang terletak di KM 24 Minas, di Maredan tikungan manis, pertigaan simpang bakal, tikungan jembatan Sungai Tengah Sabak Auh, Batas Siak – Pelalawan di Kerinci Kanan dan di Siak.

“Jadi kita letakkan mobil samaran ini ketika mau masuk tikungan seperti tikungan patah di Simpang Bakal. Maka penggendara mobil dan motor akan mengira itu mobil patroli sungguhan, sehingga mereka akan mengurangi laju kendaraannya,” jelas Galih.

Galih juga optimis, inovasi itu akan bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Siak, ia juga berharap kepada masyarakat untuk bekerjasama dalam menjaga keberadaan mobil samaran tersebut.

Sumber: infosiak.com


Blog, Updated at: 07.52.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda