Gagal. Pertemuan di Cikeas Belum Hasilkan Paslon Lawan Ahok

Posted by

PERAWANGPOS -- Petinggi empat partai yang bertemu di Cikeas malam ini gagal menghasilkan keputusan definitif perihal calon yang akan diusung dalam Pilkada DKI Jakarta. Keputusan final baru akan dipastikan pada Kamis siang nanti (22/9).

Pertemuan yang berlangsung di kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono itu dihadiri oleh Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Persatuan PembangunanRomahurmuziy, dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan.

Keempat petinggi partai itu mengklaim telah menghasilkan kesepakatan. Namun, keputusan final baru akan ditetapkan pada Kamis siang. Semua kemungkinan masih bisa terjadi.

"Demokrat, PPP, PKB dan PAN sepakat dan bulat untuk mengusung satu kandidat dan akan difinalisasi nanti jam 12 siang. Siapa dia tunggu saja nanti," kata Zulkifli usai pertemuan, Kamis (22/9) dini hari.

Di kesempatan tersebut Zulkifli juga mengatakan masih terbuka kemungkinan Pilkada DKI diikuti oleh dua poros politik. 

Itu artinya empat partai yang bertemu di Cikeas, masih terbuka untuk bergabung dengan Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera yang semakin kuat mengusung Sandiaga Uno.

Jika itu terjadi, maka mereka akan head to head dengan poros PDIP, NasDem, Partai Hanura, dan Golkar yang mengusung petahana Ahok-Djarot.

Gerindra dan PKS sendiri tak hadir dalam pertemuan di Cikeas. Namun, Zulkifli mengklaim, komunikasi dengan dua partai tersebut tetap berjalan.

"Kami terus mengkomunikasikan dengan Gerindra dengan PKS untuk bisa bersama-sama dalam Pilgub tahun 2017," ucapnya.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengatakan, nantinya, keputusan final empat partai akan dikirim ke DPD partai masing-masing untuk kemudian diumumkan.

"Bisa jadi besok diumumkan oleh DPD masing-masing. Karena ini bukan Pilpres, ini Pilgub, jadi jangan salah paham. Di sini kami hanya follow up dari DPD. Ini diskusikan malam dan siang nanti difinalisasi proses pematangan itu dan dikembalikan ke DPD," ucapnya.

Ketua Umum PPP Rommihurmuziy menjelaskan, finalisasi belum dapat dilakukan dalam pertemuan tersebut karena masih ada sejumlah nama yang masuk dalam perhitungan.

Hingga saat ini, empat partai yang bertemu masih melihat hasil survei terhadap sejumlah nama tersebut.

Zulkifli Hasan saat tiba di Cikeas sekitar pukul 20.00 sempat mengatakan bahwa pertemuan di Cikeas akan menghasilkan pasangan calon yang mengejutkan.

Sejumlah nama calon pun bermunculan. Di antaranya Yusril Ihza Mahendra, Anies Baswedan, hingga Sandiaga Uno yang didukung Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera. 

Bahkan sempat muncul nama Agus Harimurti Yudhoyono yang merupakan putra sulung SBY.

Sumber : CNN


Blog, Updated at: 09.27.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda