Pihak BOB Membantah Ada Penurunan Produksi Karena Mogok Kerja

Posted by

PERAWANGPOS, SIAK – Aksi mogok kerja kaum buruh Badan Operasi Bersama (BOB) PT. Bumi Siak Pusako (BSP) – Pertamina Hulu dikabarkan berdampak pada penurunan hasil penyedotan minyak mentah, sumur minyak ada yang tidak beroperasi, sementara teknisi ikut nimbrung bersama kaum buruh yang mogok kerja. Kondisi ini menceritakan perusahaan migas daerah mulai lumpuh.

External Affair Manager BOB BSP-Pertamina Hulu Iskandar membantah adanya penurunan produksi minyak mentah dari sumur-sumur BOB, meski ditinggalkan ratusan tenaga kerja, ia mengaku operasional berjalan lancar dan produksi minyak masih mencapai 1300 barel per hari.

“Kalau ada sumur yang mati itu biasa, mungkin karena permasalahan listrik, bisa jadi kabel terganggu monyet atau ular. Namun kerusakan bisa kami perbaiki, meski buruh ada yang mogok kerja, kami punya karyawan yang bisa diturunkan untuk memperbaiki kerusakan,” kata Iskandar. Saat dikonfirmasi, Rabu (24/8/16).

Terkait permasalahan yang dituntut buruh, Iskandar mengaku pihaknya siap menempuh jalur hukum, sebagaimana yang disarankan pihak Disnakertrans kepada kaum buruh yang tergabung dalam SBCI itu.

“Penyelesaiannya kita ikuti mekanisme pemerintah, kalau buruh tidak puas, silahkan menempu jalur hukum,” kata Iskandar.
Menurut Iskandar, jika buruh yang tergabung dalam SBCI itu terus melanjutkan aksi mogok kerja, pihaknya tidak bisa berbuat banyak, karena buruh memiliki hak melakukan itu.

“Kami sayang sama mereka, rata-rata mereka asli orang Siak, kalau terus mogok bagaimana gaji mereka nanti,” terang Iskandar.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, aksi mogok kerja digelar kaum buruh dalam rangka menuntut perusahaan untuk menghentikan upaya pengurangan karyawan, dalam bulan ini tercatat 70 buruh sub kontraktor BOB yang dirumahkan, selain tenaga enginering yang melakukan maintenance operasional pengeboran minyak, semua karyawan yang bekerja di ferry penyeberangan Perawang dan Teluk Mesjid diberhentikan. Kaum buruh mengaku kecewa karena pemutusan hubungan kerja dilakukan sepihak, dan karyawan yang di PHK tidak mendapat pesangon.

Sumber: infosiak.com


Blog, Updated at: 14.16.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda