Kader PAN Tersangka, Ini Tanggapan Mulfachri

Posted by

PERAWANGPOS, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Gubernur Sulawesi Tenggara yang juga politikus Partai Amanat Nasional (PAN), Nur Alam, sebagai tersangka kasus suap dalam penerbitan izin usaha pertambangan (IUP).

Wakil Ketua Umum PAN, Mulfachri Harahap mengatakan, pihaknya sedang menelaah kasus tersebut untuk selanjutnya menentukan sikap. Termasuk apakah akan memberikan bantuan hukum atau tidak kepada Nur Alam.

"Itu hal yang kita sedang menelaah, belum menentukan, yang jelas mengatakan sikap kita dalam hal ini, kita prihatin," kata Mulfachri kepada Okezone di Jakarta, Rabu (24/8/2016).

Bagi Mulfachri, kejadian yang menimpa Nur Alam bisa menimpa siapa saja. Penyebab korupsi, menurutnya, terkadang bukan semata karena mentalitas aparat yang buruk, tapi juga karena sistem yang mendukung terjadinya korupsi.

"Boleh jadi bukan penyebabnya, bukan semata karena mentalitas aparat yang buruk, tapi sistem kita juga mendukung untuk terjadi korupsi. Situasi, aturan yang ada, suasana yang terbangun, mendorong terciptanya kasus seperti itu," tutur Wakil Ketua Komisi III DPR RI itu.

"Apa yang dialami saudara Alam bisa saja terjadi pada siapapun, pemangku jabatan publik, yang akibat jabatan itu membuat keputusan yang jadi kewenangannya, dan terkena korupsi," pungkasnya.

Sumber: Okezone.com


Blog, Updated at: 16.45.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda