Bentuk Khitmat Mahasiswa KKN UR di Kampung Sialang Palas

Posted by

PERAWANGPOS, LUBUK DALAM- Sabtu, 13/08 Mahasiswa Kukerta UR dan Unit Pelaksana Program Keluarga Harapan ( UPPKH) Kecamatan Lubuk Dalam melaksanakan kegiatan penyuluhan gizi sehat di aula kantor desa Sialang Palas kecamatan Lubuk Dalam Kabupaten Siak.

Acara yang dihadiri oleh lebih kurang 60 orang yang terdiri dari Tokoh masyarakat, Pengurus PKH, Kader Posyandu dimulai pada pukul 09:00 WIB. Penyuluhan gizi juga dihadiri oleh beberapa tamu undangan diantaranya Penghulu Kampung Sialang Palas, Sekretaris Kecamatan Lubuk Dalam serta anggota DPRD Riau Komisi IV, Bapak Sumaryo serta Pendamping PKH Lubuk Dalam. Dengan bertemakan “Gizi Sehat Lahirkan Anak Cerdas Bangsa”, Puskesmas Lubuk Dalam turut andil menjadi pemateri dalam memberi penyuluhan kepada masyarakat Lubuk Dalam pada umumnya.

Reyza selaku ketua pelaksana kegiatan penyuluhan gizi Desa Sialang Palas menjelaskan bahwa tujuan acara ini adalah memberikan informasi gizi sehat dan seimbang kepada orang tua supaya dapat diterapkan kepada anak-anak mereka agar memiliki gizi seimbang dan tubuh yang kuat.

Dalam sambutannya Bapak Suprayogi selaku Penghulu Kampung Sialang Palas menyatakan pola makan yang baik dapat membuat anak menjadi sehat dan memiliki masa depan yang cerah. Sama halnya dengan Bapak Sumaryo, beliau mengatakan bahwa acara ini sangat bagus karena dapat memberi pengetahuan kepada para Ibu tentang gizi sehat karena pada dasarnya Ibu memiliki andil yang sangat besar dalam menjaga gizi dan pola makan anak.

Pemateri pertama disampaikan oleh Ibu Nadia Puspa Sri Dewi dengan judul materinya adalah Gizi Sehat. Beliau menjelaskan tentang apa itu gizi serta kandungan gizi pada berbagai macam jenis makanan seperti karbohidrat, protein, lemak dan vitamin. Dalam hal ini beliau menegaskan kepada Ibu-Ibu untuk memberikan berbagai macam jenis makanan yang memiliki kandungan gizi yang berbeda agar anak memiliki gizi seimbang dan mengenal banyak makanan.

Pemateri kedua disampaikan oleh Ibu Wiwi Rahmawati tentang Makanan Jajanan. Makanan jajanan seperti yang dijelaskannya merupakan makanan olahan yang disajikan oleh penjaja makanan selain yang ada di rumah makan. Makanan jajanan harus diperhatikan oleh orang tua anak dimulai dari kebersihan makanan, tempat menjaja makanan serta peralatan yang digunakan. Dua jenis zat yang harus diperhatikan dalam meilih makanan jajanan anak adalah ada atau tidaknya Boraks dan Rodhamin B. Boraks yang merupakan bahan pembuat deterjen ini biasa disalahgunakan dalam pembuatan baso, mie basah, kerupuk dan jajanan lainnya.

Efek yang ditimbulkan jika mengonsumsinya adalah mual, gangguan pencernaan bahkan kematian. Rodhamin B atau yang biasa dikenal sebagai pewarna tekstil dan kertas telah disalahgunakan pada makanan seperti kerupuk, terasi dan pangan jajanan berwarna merah ini dapat menyebabkan gangguan fungsi hati dan kanker hati.

Penyuluhan gizi diakhiri dengan sesi tanya jawab kepada masyarakat yang hadir serta penyerahan kenang-kenangan kepada pemateri dari puskesmas Lubuk Dalam.***


Blog, Updated at: 05.56.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda