Alhamdulillah, Harga Sawit Naik Rp 1.300 per Kilogram

Posted by

PERAWANGPOS – Petani kelapa sawit dalam wilayah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mulai berlega hati. Pasalnya, harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit  sejak Senin (15/8)  naik dari Rp1.200 menjadi Rp1.300 per kilogram.

Hanya saja kenaikan harga TBS ini diperkirakan akibat menurunnya hasil panen petani. Hal ini akibat  trek yang terjadinya selama ini. “Kondisi buah belum normal,  setelah masa trek yang cukup panjang,” ujar Rela Muhammad Kadir (51) warga Desa Bukit Peling, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu, Selasa (16/8). Menurutnya, kenaikan harga TBS pada Senin (15/8) diketahui saat panen dan penjualan TBS di salah satu tengkulak di Jalan Lintas  Rengat- Pematang Reba.  Sementara pada panen yang dilakukan Ahad  (14/8) lalu, masih dengan harga Rp1.200 per kilogram.

Memang sebutnya, tengkulak yang menampung TBS juga menyatakan, sejak beberapa hari terakhir TBS mengalami penurunan. Hal ini semata-mata akibat buah yang belum normal setelah masa trek.

Saat ini, dari lahan seluas 4 hektare, hanya mampu menghasilkan seberat 2 ton. Sementara panen saat buah normal, dari luas lahan 4 hektare mencapai  hasil panen  4 ton. “Usai masa trek masih menghasilkan sekitar 50 persen dari hasil normal,” terangnya.

Sumber: riaupos.co


Blog, Updated at: 14.43.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda