Tidak Mau Kalah, China Ciptakan Pesaing Pokemon Go

Posted by

PERAWANGPOS, CHINA - Dari seluruh negara di Asia, memang baru dua yang bisa resmi menikmati game Pokemon Go. Mereka adalah Jepang pada Jumat (22/7) dan Hong Kong pada Minggu (24/7). Jika Indonesia masih menanti penuh harap, penduduk China justru tampaknya harus mengucapkan selamat tinggal terhadap Pokemon Go.

Namun meskipun Pokemon Go entah bakal rilis di China atau tidak, netizens China tak sepenuhnya bersedih. Lantaran di Negeri Tirai Bambu kini ada game yang dianggap KW alias tiruan dari Pokemon Go bernama City Spirits Go. Di dataran China sendiri, City Spirits Go sangatlah populer dan menjadi game gratis nomor satu di App Store iOS khusus China.

Tampilan awal City Spirits Go © RocketNews24

Bukan hanya namanya saja yang mirip Pokemon Go, City Spirits Go pada dasarnya juga memiliki karakter monster-monster yang bisa di-evolve pula. Hanya saja pengembang City Spirits Go menyebut kalau monster mereka 100% karya sendiri. Namun rupanya seniman yang membuat monster City Spirits Go adalah ilustrator populer yang menggambar fanzine Pokemon di China.

Dengan fakta itu, tak heran kalau ikon untuk City Spirits Go adalah karakter dengan warna kuning dan mata besar yang mirip dengan Pikachu. Sama seperti Pokemon Go, City Spirits Go juga memakai sensor lokasi yang membuat para pemain harus bergerak sesuai GPS peta demi mendapatkan monster di alam liar, seperti dilansir RocketNews24.

Ikon City Spirits Go yang serupa dengan Pikachu © RocketNews24

Disebutkan pula monster-monster City Spirits Go memiliki delapan elemen yang berbeda termasuk api dan air yang memang serupa dengan monster Pokemon seperti Squirtle (air) atau Charmander (api). Tak hanya itu, game yang dikembangkan oleh Xiaoyu Sun ini juga memiliki fitur pertarungan antar pemain. Wah, serupa dengan Pokemon Go kan?

City Spirits Go resmi dirilis di China pada 24 Maret 2016, beberapa minggu setelah Nintendo Jepang melakukan tes beta terhadap Pokemon Go untuk kali pertama. Meskipun serupa, City Spirits Go memiliki kelemahan yang tak bisa membuatnya lebih baik dari Pokemon Go yakni fitur Augmented Reality (AR) yang jadi kelebihan Pokemon Go. Dengan keputusan pemerintah China yang melarang aplikasi Google, tampaknya bermain Pokemon Go di China akan tinggal kenangan. 

Sumber: kapanlagi.com


Blog, Updated at: 21.58.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda