Rakyat Turki Sambut Seruan Erdogan Melawan Kudeta Militer Turki

Posted by

PERAWANGPOS -- Ribuan orang turun ke jalan-jalan kota Istanbul dan Ankara dalam upaya melawan kudeta oleh militer. Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah menyerukan rakyat Turki untuk melakukan perlawanan ke jalan.

Dalam berbagai foto Reuters terlihat rakyat Turki mengadang tank-tank militer, salah satunya yang berada di Bandara Internasional Ataturk, Istanbul. Kumpulan massa juga terlihat di Taksim Square, alun-alun kota Istanbul yang menjadi saksi berbagai demonstrasi besar.

Di Taksim, tembakan dilepaskan ke udara oleh militer. Gas air mata juga dilepaskan. Massa juga bergerak menuju jembatan yang melintasi selat Bosphorus yang ditutup aksesnya oleh militer.

Jaringan televisi DHA TV di Turki menayangkan gambar massa yang mengepung kendaraan militer. Mereka berteriak, mengibarkan bendera dan melayangkan tinju ke arah tentara.

Sementara itu, tentara tidak berdaya berada di belakang tameng mereka. Dalam salah satu video, seorang polisi dan tentara terlibat adu mulut.

Saksi mata kepada CNN mengatakan, ada sekitar 1.000 orang yang saat ini berada di bandara Ataturk, beberapa di antara mereka bahkan telah berkumpul di landasan pacu bandara yang ditutup itu.

Beberapa ledakan dan suara tembakan terdengar di Istanbul dan Ankara. Presiden Erdogan dalam wawancara dengan CNN Turk melalui aplikasi FaceTime mengatakan akan bergabung bersama rakyat di Ankara.

Erdogan kini dalam kondisi aman, diduga di Marmaris tempatnya berlibur.

Sumber : CNN


Blog, Updated at: 08.48.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda