PAN Takkan Dukung Ahok

Posted by

PERAWANGPOS -- Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI Yandri Susanto menegaskan partainya tidak akan mendukung Basuki Tjahaja Purnama dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017 mendatang.

PAN percaya masih ada sejumlah tokoh lain yang lebih baik dibandingkan Ahok, sapaan Basuki. Untuk itu, PAN akan mencari penantang Ahok dalam Pilgub 2017.

"PAN tidak akan mendukung Ahok, kami akan mencari penantang Ahok supaya DKI punya pilihan, tidak hanya calon tunggal," kata Yandri di Gedung DPR RI Jakarta, Kamis (28/7).

Ia mengungkapkan, keputusan tidak mendukung Ahok diambil karena PAN menganggap Ahok sosok yang tidak konsisten. PAN juga menilai Ahok sering memberikan pendapat yang buruk tentang parpol.

Selain itu, menurutnya, DKI Jakarta membutuhkan sosok yang konsisten dalam berucap, bertindak, dan mengambil keputusan. Ahok tidak masuk dalam kategori itu. Dalam pandangannya, tokoh-tokoh yang sesuai dengan kategori itu dan patut diperhitungkan sebagai penantang Ahok adalah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Letnan Jenderal TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, dan politikus Yusril Ihza Mahendra.

"DKI sebagai barometer nasional jangan sampai seolah kita kehilangan stok tokoh," ucapnya.

Hal senada juga diucapkan oleh Ketua Fraksi PAN Mulfachri Harahap. Menurutnya, Ahok jauh dari kriteria tokoh yang didukung oleh PAN. Hal ini didasari oleh sejumlah kebijakan Ahok yang dinilai tidak manusiawi dan represif. Salah satunya tercermin dalam kebijakan dan cara Gubernur DKI itu menggusur sejumlah pemukiman warga.

Lirik Risma

Mulfachri berpendapat, dari sejumlah tokoh yang dianggap pantas menantang Ahok, PAN lebih memprioritaskan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. 

Menurutnya, Risma sudah terbukti dapat mengelola persoalan kota tanpa harus melakukan kekerasan. Ia mencontohkan cara Risma saat menggusur kompleks prostitusi Dolly.

"Yang masuk dalam radar pantauan untuk dukungan PAN adalah Bu Risma, ia sudah terbukti memiliki kecakapan dalam mengelola kota," ucapnya saat dihubungi melalui telepon.

Sumber : CNN


Blog, Updated at: 14.05.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda