Menteri LHK Periksa Air Sungai Siak

Posted by

PERAWANGPOS, SIAK - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengambil contoh untuk penelitian (sampel) air Sungai Siak yang lokasinya tidak jauh dari kawasan pabrik bubur kertas (pulp) dan kertas, saat dalam perjalanan dari Kota Pekanbaru menuju Kabupaten Siak, Riau.

"Langkah yang diambil ini merupakan pengawasan langsung oleh Kementerian LHK," kata Menteri Siti Nurbaya kepada ANTARA News di Siak, Kamis.

Pemeriksaan kandungan air Sungai Siak itu dilakukan oleh tim Kementerian LHK (KLHK) yang dipimpin langsung Menteri Siti Nurbaya pada saat perjalanan dari Kota Pekanbaru menuju Kabupaten Siak menggunakan kapal cepat.

Tim sempat berhenti sekitar 15 menit di aliran sungai sekitar kawasan perusahaan kertas pulp dan kertas di Riau PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) di Perawang, Kabupaten Siak. 

Pengambilan sampel air Sungai Siak yang dilakukan Menteri Siti menggunakan alat bernama  water sample yang dimasukkan ke air beredalaman beberapa meter, dan selanjutnya diperiksa secara seksama ke laboratorium. 

Menurut dia, hasil sampel air itu selanjutnya akan dilakukan uji laboratorium sehingga hasil yang diperoleh.

Ia menambahkan, baku air yang baik itu adalah air yang tidak berwarna dan tidak beraroma tidak sedap. 

"Memang sesuai aturan, ada standar baku mutu air. Ini akan kita uji lab. Setelah diketahui hasilnya maka langkah-langkah selanjutnya bisa diambil," demikian Siti Nurbaya.

Sementara itu, Bupati Siak, Syamsuar saat menyambut kedatangan Menteri LHK di Kota Siak mengatakan penting bagi KLHK menguji sampel air Sungai Siak.

"Di samping menjaga kelestarian lingkungan, penting juga menjaga kelestarian sungai," jelasnya singkat. 

Menteri LHK, Siti Nurbaya melakukan kunjungan ke Riau dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup (HLH) sedunia. Selain itu, dalam kunjungan yang juga akan disusul Wakil Presiden M. Jusuf Kalla.

Wapres sendiri dijadwalkan tiba di Pekanbaru pada Jumat besok (22/7) tersebut untuk selanjutnya menghadiri HLH di Siak.

Sumber: antaranews.com


Blog, Updated at: 17.31.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda