Innalillah .! Tentara Sudan Perkosa Seorang Perempuan Di Depan Pasukan PBB

Posted by

PERAWANGPOS, SUDAN SELATAN - Tentara pemerintah Sudan Selatan memperkosa puluhan perempuan dari etnis Nuer pekan lalu di luar kamp Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Ketika peristiwa itu terjadi saksi mengatakan tentara perdamaian PBB hanya menyaksikan saja tanpa memberi pertolongan kepada korban.

Peristiwa pemerkosaan di Ibu Kota Juba itu menggambarkan dua masalah utama yang terjadi negara konflik tersebut: kekerasan terhadap etnis tertentu dan gagalnya pasukan perdamaian PBB melindungi warga sipil.

Koran the Daily mail melaporkan, Rabu (27/7), pada 17 Juli lalu dua tentara berseragam menyeret seorang perempuan di depan gerbang sebelah barat kamp PBB yang hanya berjarak beberapa ratus meter. 

Seorang saksi mengungkapkan setidaknya ada 30 tentara perdamaian PBB asal Nepal dan China melihat peristiwa pemerkosaan itu dan hanya diam saja.

"Mereka melihatnya. Semua orang melihat. Perempuan itu menjerit dan menangis tapi tidak seorang pun menolong," kata saksi itu.

Dia dan sejumlah saksi lain tidak mau menjelaskan identitas mereka karena takut diketahui oleh tentara.

Juru bicara PBB di Sudan Selatan Shantal Persaud tidak membantah bahwa pemerkosaan itu bisa saja terjadi di dekat kamp PBB. 

Insiden pemerkosaan ini hanya sepekan setelah pasukan antipemerintah menyerang Juba dan menewaskan ratusan orang.

Ketika gencatan senjata diumumkan, kaum hawa mulai mencari makanan di luar kamp PBB yang dihuni sekitar 30 ribu warga sipil yang kebanyakan dari etnis Nuer.

Mereka takut akan serangan dari pasukan pemerintah yang kebanyakan dari etnis Dinka.

Sumber: merdeka.com


Blog, Updated at: 19.16.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda