Siap-Siap Tes CPNS 2016 Dipercepat

Posted by

PERAWANGPOS, Pelamar CPNS harus segera bersiap. Rekrutmen pegawai tahun ini, bakal dipercepat. Tes bakal digelar Agustus. Otomatis, pendaftaran menyesuaikan. Bisa saja digelar Juli, sesudah lebaran.

Informasi ini diperoleh berdasarkan rencana pemerintah yang akan memberlakukan aturan baru terkait CPNS mulai tahun ini. Nomor Induk Pegawai (NIP) akan disamakan dengan tahun pengangkatan CPNS-nya. Sebelumnya diketahui, CPNS mengantongi NIP di tahun yang berbeda.

“Iya jadi, kalau CPNS-nya diangkat 2016, NIP-nya diterbitkan tahun 2016 juga.‎ Kalau biasanya kan NIP ditetapkan awal 2016, bila pengangkatannya 2015,” kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana kepada JPNN (Grup Manado Post), Senin (30/5).

Agar NIP bisa ditetapkan di tahun yang sama, Bima Haria berharap rekrutmen CPNS-nya dilakukan
‎pada Agustus. Dengan demikian BKN punya waktu empat bulan memproses penetapan NIP CPNS.

“Kalau rekrutmennya di akhir tahun sekitar Oktober malah susah. Yang pas itu ya Agustus. Kami sudah memberikan masukan kepada MenPAN-RB juga, agar rekrutmen dan tes dilakukan Agustus,” tandasnya.

Atas usulan BKN, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) belum memberikan tanggapan. Namun, kemungkinan berubah sangat besar. Meski sebelumnya, Menpan Yuddy Chrisnandi menyebut pendaftaran akan dibuka mulai Agustus dan pelaksanaan tes dilakukan antara September dan Oktober. Di sisi lain, dimajukan atau tidak, para pelamar harus menyiapkan diri dengan serius.

“Seluruh pelamar CPNS baik pelamar umum maupun khusus semuanya melalui proses tes computer assisted test (CAT). Tidak ada ‎yang tanpa tes,” tegas Yuddy. ‎Dia menegaskan, rekrutmen CPNS tahun ini akan lebih ketat karena yang direkrut orang-orang dibutuhkan. Semuanya baik formasi khusus maupun umum tetap melalui CAT.

“Hanya untuk pelamar khusus, tes CAT tujuannya perangkingan. Sedangkan untuk formasi umum, tujuannya mencari yang terbaik,” ujarnya.

Sumber: beritapns.com


Blog, Updated at: 06.00.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda