Kasus Korupsi UPS, Ahok Diperiksa Bareskrim

Posted by

PERAWANGPOS, Jakarta -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok muncul di Bareskrim Polri Selasa (21/6). Orang nomor satu di DKI Jakarta itu kembali diperiksa sebagai saksi.

"Saya melengkapi data untuk DPRD yang kasus UPS. Pertanyaannya cuma lima, untuk melengkapi aja. Gak ada (kasus scanner). Cuma ditanya soal syarat, proses. Melengkapi aja," kata Ahok sesaat setelah diperiksa.

Mantan Bupati Belitung Timur itu menambahkan jika penyidik bertanya seputar surat yang dulu dia buat bersama Gubernur DKI saat itu, Joko Widodo.

"Saya bikin (surat) sama Pak Jokowi ditanya semua normatif apa enggak," tambahnya.

Kabareskrim Komjen Ari Dono Sukmanto secara terpisah mengatakan Ahok diperiksa sebagai saksi untuk dua tersangka dalam kasus ini yaitu Fahmi Zulfikar dan M. Firmansyah.

Firmansyah, mantan anggota DPRD DKI dari Fraksi Partai Demokrat, telah ditahan Bareskirm pada 6 Juni lalu. Tersangka ditahan karena berkasnya sudah lengkap.

Selain Firmansyah, dalam kasus ini ada dua tersangka yang belum ditahan yaitu Fahmi Zulfikar dan Harry Lo, selaku bos PT Offistarindo Adhiprima.

Lalu dua tersangka lain yang sudah sudah diproses, bahkan dijatuhi pidana, adalah Kepala Seksi Sarana dan Prasaran Suku Dinas Pendidikan Menengah Jakarta Barat Alex Usman dan Zaenal Soleman.

Kasus ini terjadi karena tiga serangkai dalam kasus ini, yaitu legislatif, eksekutif, dan distributor atau vendor, berkolaborasi untuk memasukan proyek UPS di APBD-P untuk sekolah-sekolah di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat senilai Rp 300 miliar yang kemudian diketahui di-mark up hingga Rp 50 miliar itu

Sumber : Berita 1


Blog, Updated at: 13.53.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda