Jutaan Alamat Email Dan Password di Tumblr Pernah Dicuri. Berhati hati lah

Posted by

PERAWANGPOS -- Layanan mikroblog Tumblr memberikan pernyataan yang mengejutkan. Ternyata, sekitar tiga tahun lalu Tumblr pernah dibobol oleh peretas dan sukses mencuri puluhan juta akun di dalamnya. Kasus ini pun tak pernah terendus oleh publik.

Tumblr mengakui pernah ada kasus peretasan yang berlangsung pada awal 2013. Sejumlah akun termasuk alamat email dan password terenkripsi berhasil dicuri.

"Segera setelah kami menyadari ini, tim keamanan kami benar-benar menyelidiki masalah itu. Analisis kami memberi kita alasan untuk percaya bahwa informasi ini digunakan untuk mengakses akun Tumblr," kata perusahaan dalam sebuah posting blog.

Sementara Tumblr tidak mengatakan kapan tepatnya serangan terjadi, menurut Troy Hunt, pengamat keamanan, data diekstraksi pada 28 Pebruari 2013.

"Pada awal 2013, Tumblr menderita pelanggaran data yang mengakibatkan pencurian ebih dari 65 juta rekening," kata situs itu.

"Data itu kemudian disiapkan untuk dijual di website pasar gelap, dan termasuk alamat email dan password disimpan sebagai hash SHA1," katanya

Sebagai tindakan pencegahan,Tumblr masih menyarankan pengguna untuk mengubah password sebagai tindakan pencegahan keamanan.

Sumber : CNN


Blog, Updated at: 11.23.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda