Inilah MRT Canggih Di Korea Selatan

Posted by

PERAWANGPOS, SEOUL - Berbagai kota di seluruh dunia, terutama di negara maju, mengandalkan kereta bawah tanah atau subway sebagai transportasi massal atau Mass Rapid Transportation. Tak terkecuali Seoul, ibu kota Korea Selatan, yang konon salah satu yang tercanggih.

Dikutip detikINET dari CNN, kereta bawah tanah Seoul adalah satu satunya di dunia yang dibekali konektivitas masa kini. Tak perlu khawatir untuk mengakses internet karena koneksi cepat 4G LTE dan WiFi disediakan di seluruh kereta dan stasiun.

Selain itu untuk kenyamanan penumpang, ada televisi yang menayangkan hiburan dan beragam informasi. Disematkan juga pengontrol iklim. Jadi selama musim dingin misalnya, secara otomatis kursi penumpang tetap hangat.

"Banyak dari mereka yang sedang merencanakan membuat subway datang ke Korea dan sungguh terkagum dengan teknologi yang kami miliki di sana. Itu memang adalah unjuk gigi Korea dalam bidang teknologi informasi," sebut Jung whan Kim, public relation Seoul Metro. 


Ketika Indonesia khususnya Jakarta saat ini baru sibuk membangun MRT, sistem subway Seoul sudah mulai dibuat tahun 1971 dengan bantuan Jepang. Layanan MRT dibuka pertama kali di tahun 1974.

Kini, subway Seoul menjadi salah satu MRT tersibuk di dunia, namun tetap nyaman, efisien dan tepat waktu. Digalakkan pembayaran melalui aplikasi smartphone yang mudah dan cepat.


Subway di Seoul juga menerima lumayan banyak pemasukan dari iklan. Di tahun 2014, mereka menjadi yang pertama di dunia menginstall layar transparan untuk menayangkan iklan di beberapa stasiun.

Sumber: detik.com


Blog, Updated at: 21.23.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda