EURO 2016: Turki Berhasil Gulingkan Ceko 2-0

Posted by

PERAWANGPOS, PARIS - Meski menelan kekalahan di dua laga sebelumnya, kemenangan Turki atas Republik Ceko membuka peluang untuk bisa lolos ke fase gugur sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik.

Republik Ceko harus menutup kampanye Euro 2016 dengan hasil pahit setelah kekalahan 2-0 dari Turki di Stade Bollaert-Delelis, Rabu (22/6) dini hari memastikan langkah mereka terhenti di babak penyisihan grup. Sementara hasil ini membuka harapan bagi Turki untuk bisa melangkah lebih jauh.

Kedua tim sama-sama mengincar poin penuh di laga pamungkas Grup D. Republik Ceko memendam asa untuk dapat menyalip Kroasia di urutan kedua demi lolos ke fase gugur, sementara Turki punya misi untuk memecah kebuntuan sepanjang turnamen.

Vladimir Darida langsung membuka peluang Ceko saat laga baru berjalan lima menit, akan tetapi reaksi cepat Turki lima menit berikutnya lebih membuahkan hasil manis ketika Burak Yilmaz menjadi pencetak gol pertama timnya di Euro kali ini usai umpan sempurna Emre Mor dituntaskannya masuk ke gawang Petr Cech.

Selepas tertinggal, Ceko berusaha meningkatkan intensitas serangan mereka. Melalui situasi sepak pojok, bola berhasil disambut tandukan keras Tomas Sivok pada menit ke-18 yang membuat Volkan Babacan mati langkah, beruntung bagi Turki sundulan bek andalan Ceko itu hanya menerpa mistar gawang.

Gelombang serangan Ceko deras mengalir hingga memasuki pertengahan babak pertama. Menit ke-24, Tomas Necid menebar ancaman meski eksekusi akhirnya tak mengarah ke sasaran. Turki membalas empat menit berselang, namun kegemilangan Cech mampu mementahkan peluang Volkan Sen hasil kreasi serangan balik Mor.

Laga terus berlangsung ketat memasuki 15 menit akhir sebelum jeda pertandingan. Tensi sedikit meningkat, tercatat tiga kartu kuning dengan dua untuk Ceko serta satu untuk Turki mewarnai duel-duel yang dilakukan kedua penggawa tim menjelang turun minum.

Duel-duel sengit terus berlanjut kala memasuki paruh kedua permainan. Laga sempat terhenti sejenak sebelum kemudian dilanjutkan kembali pada menit ke-54, setelah dahi Gokhan Gonul mengeluarkan darah dan memerlukan perawatan tim medis akibat benturan dengan Sivok saat menyambut sebuah tendangan bebas.

Ceko yang berusaha keras meraih hasil maksimal di laga ini kembali meningkatkan intensitas tekanan mereka. Menit ke-59 mereka hampir mampu memperoleh gol penyeimbang melalui aksi Necid, sayang aksi penyerang jangkung tersebut digagalkan secara gemilang oleh Babacan.

Justru Turki mampu menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-65.Ozan Tufan, gelandang yang sempat dikritik akibat performa kurang optimalnya saat melawan Kroasia, sukses menaklukkan gawang Cech dengan eksekusi sempurnyanya yang meneruskan umpan matang dari Mehmet Topal.

Unggul dua gol membuka harapan Turki untuk bisa lolos ke fase gugur sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik, fans mereka pun mulai lebih bersemangat dalam memberikan dukungan dalam 20 menit terkahir. Arda Turan hampir mampu menambah skor bagi Turki apabila sundulannya pada menit ke-75 tak melambung.

Ceko tampak semakin frustrasi dalam melancarkan berbagai upaya untuk mengejar ketertinggalan. Hingga wasit meniup peluit panjang, Turki mampu mempertahankan keunggulan mereka sekaligus membuka kesempatan untuk dapat melaju ke fase 16 besar turnamen

Sumber: goal.com


Blog, Updated at: 09.06.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda