EURO 2016: Rep. Irlandia Taklukkan Italia 1-0

Posted by

PERAWANGPOS, MAURDY - Republik Irlandia memaksa Italia untuk menelan kekalahan 1-0, Kamis (23/6) dini hari WIB, di laga penutup Grup E Euro 2016. Hasil ini sekaligus memastikan satu tiket bagi Rep Irlandia untuk berlaga di babak 16 besar.

Antonio Conte melakukan delapan pergantian, tapi secara mengejutkan memainkan Leonardo Bonucci yang sudah mengantongi satu kartu kuning. Federico Bernardeschi, Ciro Immobile, Mattia De Sciglio, dan Simone Zaza turut meramaikan pergantian tersebut. Di sisi lain, Republik Irlandia yang butuh kemenangan membawa serta Daryl Murphy dan James McClean untuk menambah daya gedor.

Seperti perkiraan, Rep Irlandia tampil agresif sejak awal pertandingan. Jeff Hendrick sebagai kreator serangan tampil gemilang dan nyaris mencetak gol lewat aksi individunya. Sayang, sepakan keras gelandang Derby County itu meleset tipis.

Gempuran Irlandia terus berlanjut, tapi pertahanan Azzurri cukup disiplin. Satu peluang emas dicatatkan ketika Robbie Brady melambungkan umpan ke kotak penalti. Bola berhasil menemui sundulan Daryl Murphy, namun Salvatore Sirigu melakukan penyelamatan gemilang.

Sempat ada momen kontroversi ketika sikut Bonucci mengenai Shane Long di kotak penalti, namun Ovidiu Hațegan tidak menganggapnya sebagai pelanggaran. Long dan Sirigu pun sempat terlibat adu mulut di menit 39 sehingga wasit terpaksa memberi hadiah kartu kuning.

Italia kesulitan menciptakan serangan balik dalam pertandingan ini. Satu-satunya peluang emas dibangun oleh Immobile lewat aksi ciamiknya. Penyerang Torino itu menari di depan kotak penalti, lalu melepaskan tembakan keras yang melayang di samping gawang.

Agresivitas Irlandia tidak berkurang setelah jeda. Seamus Coleman dkk masih mengincar kemenangan dan melambungkan umpan-umpan silang ke kotak penalti. Adapun pertahanan Italia masih cukup rapat untuk menghalau setiap ancaman.

Serangan balik perdana Azzurri di babak ini nyaris membuahkan hasil. De Sciglio menyisir sayap kiri dan berlari ke samping kotak penalti. Wingback Milan itu langsung melambungkan umpan ke kotak penalti dan Zaza melepaskan sepakan voli. Sayang, bola mengarah ke atas mistar.

Satu lagi penyelamatan dicetak oleh Sirigu. Kali ini sepakan keras Murphy mampu digagalkan. Bola mengarah pada Thiago Motta, tapi gelandang Paris Saint-Germain itu tidak membuangnya. Coleman langsung menyambar, untung saja Angelo Ogbonna memblokir jalur tembakannya.

Guna menambah daya gedor, Conte menarik keluar Immobile dan memainkan Lorenzo Insigne. Winger Napoli itu langsung memberikan dampak nyata. Lewat aksi individu, ia berhasil mendapat ruang tembak dan melepaskan sepakan lengkung yang membentur mistar. Nyaris.

Lima menit jelang bubaran, kebuntuan akhirnya terpecahkan. Kerja keras Irlandia berhasil membuahkan gol. Umpan silang Wes Hoolahan mengarah tepat ke jalur lari Brady dan gelandang Norwich itu menyundul bola melewati Sirigu. Rep Irlandia menang 1-0 dan mengamankan satu tiket ke babak 16 besar.

Sumber: goal.com


Blog, Updated at: 08.08.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda