EURO 2016: Preview Spanyol vs Turki

Posted by

PERAWANGPOS, PARIS -Juara bertahan Spanyol butuh kemenangan untuk memastikan diri lolos ke babak 16 Besar Euro 2016 dengan sisa satu pertandingan, namun ambisi mereka akan ditantang Turki yang tengah berupaya bangkit dari hasil negatif pekan lalu. 

Optimisme yang dibawa ke Prancis diguncang hasil negatif kalah 1-0 dari Krosia di laga perdana Turki. Dengan demikian, kalah dari La Roja dapat mengancam peluang mereka untuk lolos. 

Dua peman Turki, Arda Turan dan Hakan Calhanoglu, menjadi sorotan menyusul performa kurang maksimal pekan lalu. Kapten tim Turan yang menjadi sasaran kritik mengungkapkan kekecewaannya terhadap respons fans Turki. 

“Secara personal saya main buruk dan tidak efektif. Namun, hal tertentu dapat terjadi dalam hidup. Saya akan berusaha melakukan yang terbaik di pertandingan berikut,” papar Turan kepada laman resmi Uefa. 

“Tapi saya sulit mengerti cara orang merespons saya. Saya memakai jersey ini sudah 90 kali lebih. Saya main buruk beberapa kali, tapi Anda dapat menghitungnya dengan jari satu tangan. Saya hanya berusaha membela negara dan tim nasional.” 

Meski demikian, penggawa Barcelona ini berharap penampilan skuat Fatih Terim dapat meningkat dibandingkan laga perdana, demi menjaga peluang melaju ke babak gugur. Mencuri satu angka menjadi target realistis Turan, mengingat Spanyol bukan lawan mudah untuk ditaklukkan. 

“Spanyol tim favorit, mereka akan menguasai bola lebih banyak, tapi mereka juga akan main dengan 11 pemain seperti kami. Kami akan berjuang hingga akhir,” lanjut mantan bintang Atletico Madrid tersebut.

“Kami akan berusaha sekuat tenaga untuk mendapat satu poin; jika berhasil, peluang lolos akan tinggi.” 

Di sisi lain, Spanyol akan memastikan lolos ke putaran berikut jika mampu menekuk Turki, karena La Roja sudah mengantungi tiga angka berkat kemenangan susah payah atas Republik Ceko pada laga pembuka. 

Kemenangan nanti malam tidak hanya akan meningkatkan kepercayaan diri, namun pelatih Vicente Del Bosque juga bisa memberikan waktu kepada pemain lain untuk mendapat menit bermain di laga pamungkas fase grup kontra Kroasia.

Namun, tugas Tim Matador tentu tidak semudah telapak tangan, sebagaimana diakui bek kiri Jordi Alba. Mantan andalan Valencia ini pun tetap mewaspadai rekan setimnya, Arda Turan, walau yang bersangkutan dicocor kritik pekan lalu. 

“Ia pemain yang sangat penting. Barcelona merekrutnya, meski mengalami sanksi [transfer yang memaksa Turan absen di enam bulan pertama]. Kapan pun ia datang, ia selalu fenomenal. Ia pemain vital dan idola untuk negaranya,” ucap Alba dalam konferensi pers. 

“Ia mungkin sangat menantikan ini. Ia selalu berbahaya, saya yakin ia akan termotivasi.” 

Pertandingan melawan Turki juga menjadi kesempatan bagi Alvaro Morata untuk membuktikan kemampuannya, setelah mengecewakan saat menghadapi Republik Ceko. Dengan sokongan lini tengah seperti Andres Iniesta, Morata mesti menjebol gawang lawan andai dipercaya tampil sejak menit awal. 

Bukan apa-apa, karena banyaknya klub yang disebut meminati servis sang pemain musim depan, Europ 2016 menjadi kesempatan emas bagi Morata pamer kebolehan. Gol kontra Turki bisa saja menaikkan banderolnta dan kemungkinan menambah klub peminat. 

Perkiraan line-up

Spanyol: David De Gea; Juanfran, Sergio Ramos, Gerard Pique, Jordi Alba; Andres Iniesta, Sergio Busquets, Cesc Fabregas; Morata, Nolito, David Silva 

Turki: Babacan; Ozbayrakil, Kaya, Hakan Balta, Caner Erkin; Ozyakup, Inan; Mor, Calhanoglu, Turan; Yilmaz 

Prediksi Goal Indonesia: Spanyol 2-1 Turki 

Sumber: goal.com


Blog, Updated at: 14.06.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda