EURO 2016: Jerman Tumbangkan Irlandia Utara 1-0

Posted by

PERAWANGPOS, PARIS - Mario Gomez mencetak gol penentu kemenangan 1-0 Jerman atas Irlandia Utara, Selasa (22/6) dini hari WIB, di laga penutup Grup C Euro 2016. Kemenangan ini sekaligus mengamankan posisi Jerman sebagai pemuncak grup.

Jerman melakukan beberapa perubahan dalam starting XI kontra Irlandia Utara. Satu yang paling disorot adalah masuknya Joshua Kimmich menggantikan Benedikt Howedes. Selain itu, Mario Gomez kembali menjadi penyerang utama sementara Mario Gotze ditarik sedikit ke belakang.

Pasukan Joachim Low langsung saja mendominasi pertandingan sejak menit awal. Belum sampai 15 menit, Die Mannschaft sudah mencatatkan tiga peluang emas beruntun. Thomas Muller, Mesut Ozil, dan Gotze secara beruntun melepaskan tembakan, tapi Michael McGovern mampu menggagalkan semuanya.

Muller kembali mendapatkan kesempatan emas di menit ke-23. Penyerang Bayern Munich itu mengejar umpan akurat Gomez dan berhasil menjangkaunya di kotak penalti. Sayang, tendangan Muller meleset tipis di samping mistar. Ia kembali mengancam tak lama kemudian, tapi sentuhannya sekadar mencium mistar.

Kesialan Jerman baru sirna di menit k-30. Ozil memberikan operan pada Gomez, lalu mantan penyerang Fiorentina itu mengarahkannya pada Muller. Tak mendapat ruang tembak, Muller mengembalikan bola pada Gomez dan sang penyerang dengan dingin menggetarkan jala Irlandia.

Dominasi Die Mannschaft bertahan hingga jeda turun minum. Muller sejatinya mendapatkan dua peluang sebelum peluit berbunyi, tapi nasibnya sedang tidak mujur. Sepakan pertama hanya menggentarkan mistar, sementara lainnya meleset di samping gawang.

Situasi paruh kedua tak jauh berbeda dengan paruh pertama. Jerman mendominasi dan Irlandia Utara hanya mampu bertahan. Beberapa kesempatan memang berhasil dilancarkan lewat umpan jauh, tapi tak ada yang membuat Manuel Neuer kerepotan.

Lini tengah Jerman menjadi kunci. Setiap duel berhasil dimenangkan oleh Sami Khedira dan Irlandia Utara tak berkutik. Gelandang Juventus itu selanjutnya berhasil mendistribusikan bola pada Ozil sang kreator. Jerman hanya kurang beruntung tak mampu mencetak gol tambahan.

Ketika Irlandia Utara coba menyerang lewat sayap, ada Jonas Hector dan Kimmich yang tampil gemilang. Dua bek Bundesliga itu tampil gemilang saat bertahan dan melakukan overlap krusial dalam membangun serangan, terutama Kimmich.

Bek Irlandia Utara sendiri sebenarnya kepayahan menghadapi mobilitas Jerman. Rentetan peluang diciptakan oleh Gotze, Khedira, dan Gomez. Bisa dibilang situasi saat itu menguntungkan pemain Jerman. Beruntung, McGovern tidak kehilangan tajinya hingga bubaran dan melakukan tujuh penyelamatan hingga bubaran.

Sumber: goal.com


Blog, Updated at: 09.14.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda