EURO 2016: Jerman Ke Perempat Final, Slovakia Kandas 3-0

Posted by

PERAWANGPOS, PARIS - Jerman terlalu tangguh bagi Slowakia dalam persaingan merebut tiket ke perempat-final. Laga yang berjalan berat sebelah pun disudahi dengan kemenangan meyakinkan Jerman.

Jerman memastikan lolos ke perempat-final Euro 2016 setelah di Stade Pierre-Mauroy, Lille, Minggu (26/6) malam WIB sukses menundukkan Slowakia dengan skor meyakinkan, 3-0.

Dengan hasil tersebut, Jerman tinggal menunggu pemenang antara Spanyol dan Italia untuk menjadi lawan mereka di babak delapan besar.

Mendapat jatah kick-off di babak pertama, Jerman langsung menekan lini pertahanan Slowakia sejak menit pertama. Hasilnya, di menit tujuh Sami Khedira punya kans menjebol gawang Slowakia dengan sundulannya, menyambut umpan Toni Kroos.

Namun gol baru benar tercipta di menit delapan, lewat tendangan first time Jerome Boateng dari luar kotak penalti. Bola dilesakkan bek tengah Jerman itu setelah Michal Duris menjauhkan bola dari daerahnya.

Keunggulan Jerman nyaris bertambah di menit 13. Pelanggaran Martin Skrtel terhadap Mario Gomez di kotak terlarang berujung pada tendangan penalti untuk Jerman. Namun Mesut Ozil yang menjadi eksekutor gagal menjalankan tugasnya setelah bola hasil tendangannya bisa diblok kiper Slowakia.

Di menit 18, Ozil mendapatkan kesempatan lain dengan melepas tendangan voli hasil halauan Skrtel. Namun demikian, arah bola masih jauh dari gawang. Upayanya di menit 25, lewat tendangan keras mendatar, juga hanya tipis menyamping dari gawang Slowakia.

Kans lain didapat Thomas Muller lewat sundulannya di menit 28, tapi juga masih kurang pas. Pun demikian kesempatan lain yang diperoleh tim besutan Joachim Low.

Di menit 41, Juraj Kucka mendapat kesempatan menyamakan kedudukan dengan sundulannya. Akan tetap Manuel Neuer bergerak cepat untuk menepis bola dan menggagalkan terjadinya gol.

Dua menit kemudian, Jerman menambah keunggulan. Pergerakan ciamik Julian Draxler di kotak penalti dilanjutkan dengan umpan mendatar yang bisa disontek Gomez untuk mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Dominasi Jerman di babak kedua tidak demikian terasa karena Slowakia mulai berani bermain terbuka. Namun penguasaan bola yang lebih baik membuat Jerman memiliki lebih banyak peluang untuk mencetak gol.

Tapi, Slowakia sempat memberikan kejutan dengan kerja sama apik di daerah pertahanan Jerman, yang kemudian dituntaskan dengan tendangan jarak jauh Kucka. Hanya saja arah bola masih tepat mengarah ke Neuer.

Di menit 63, Jerman memperbesar keunggulan menjadi 3-0. Bola umpan silang diperebutkan Mats Hummels dan Duris. Bola kemudian jatuh di dekat Julian Draxler, yang langsung menyambutnya dengan tendangan voli dari jarak dekat ke gawang Slowakia. Kiper Matus Kozacik tak bisa berbuat banyak untuk menyelamatkan gawangnya.

Setelah gol ketiga Jerman, Slowakia seperti kehilangan asa untuk mengejar ketertinggalan. Serangan yang mereka bangun juga gagal membuahkan hasil.

Sebaliknya Jerman juga tak lagi tampil seagresif seperti babak pertama. Keunggulan 3-0 pun bisa dipertahankan hingga akhir laga dan Jerman pun lolos ke babak berikutnya.

Sumber: goal.com


Blog, Updated at: 17.35.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda