Alhamdulillah, Gaji ke-14 PNS Hari Ini Cair

Posted by

PERAWANGPOS, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro memastikan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) cair Kamis 23 Juni 2016. Seiring dengan sudah diterbitkan Peraturan Pemerintah (PP) dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

"Mulai Kamis secara bertahap akan diberikan," kata Bambang di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (22/6/2016).

THR akan diberikan sebesar gaji pokok di Juni 2016. Pada tahun-tahun sebelumnya, pemerintah tidak memberikan THR kepada PNS.

THR merupakan pengganti kenaikan gaji pokok yang biasanya direalisasikan setiap tahun.

"THR sebelumnya tidak pernah," tegasnya.

Gaji ke-13

Selain THR, pemerintah juga mencairkan sebagian dari gaji ke-13, yaitu gaji yang sudah mencakup tunjangan keluarga dan tunjangan umum/tunjangan jabatan.

Namun, tunjangan kinerja yang biasanya juga masuk dalam gaji ke-13 belum diberikan.

"Ini belum termasuk tunjangan kinerja," kata Bambang.

Rencananya, tunjangan kinerja tersebut akan diberikan bulan depan. Sebagai informasi, gaji ke-13 adalah sebesar penghasilan sebulan pada bulan Juni 2016. Untuk PNS, anggota TNI/POLRI meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan/tunjangan umum dan tunjangan kinerja.

Bagi pejabat negara, gaji ke-13 meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan. Adapun untuk penerima pensiun gaji ke-13 meliputi, pensiun pokok, tunjangan keluarga dan/atau tunjangan tambahan penghasilan, sedangkan untuk penerima tunjangan hanya menerima tunjangan sesuai peraturan perundang-undangan.

Sedangkan THR akan diberikan sebesar gaji pokok pada bulan Juni 2016. Namun, untuk penerima pensiun/tunjangan tidak ada THR (ralat: sebelumnya ditulis pensiunan dapat THR 50% dari pensiun pokok/tunjangan bulan Juni 2016).

Sumber: detik.com


Blog, Updated at: 13.49.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda