Ahok Akui, Sterilisasi Jalur Busway Buat Jakarta Makin Macet

Posted by

PERAWANGPOS, Jakarta -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, yang biasa disapa Ahok, mengakui sterilisasi jalur bus (busway) TransJakarta pada semua koridor yang mulai diberlakukan hari ini membuat Jakarta semakin macet.

"Mau enggak mau pasti macet," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Senin (13/6).

Menurut Ahok, Pemerintah Provinsi Jakarta memprioritaskan sterilisasi pada Koridor I jurusan Blok M - Kota karena memiliki kepadatan lebih dibandingkan 11 koridor lainnya. 

Koridor I melewati jalan protokol yaitu Jalan Sudirman hingga MH Thamrin dan terdapat proyek pengerjaan Simpang Susun Semanggi. 

Lanjut Ahok, Pemprov Jakarta melakukan sterilisasi agar pengguna kendaraan pribadi beralih menggunakan Bus TransJakarta. Untuk itu, Ahok akan berusaha agar Bus TransJakarta dapat beroperasi tepat waktu dengan estimasi satu bus setiap tujuh menit. 

"Minimal jalur three in one dan proyek Semanggi, Blok M, sampai Kota kalau setengah jam, saya kira orang akan mikir naik bus," tutur Ahok.

Untuk mengantisipasi, Ahok telah menyiapkan penjaga pada setiap jalur masuk busway. Bagi setiap pelanggar yang nekat menerobos jalur bus TransJakarta, Kepolisian akan memberikan tilang biru.

Tilang biru berarti denda harus langsung dibayar tanpa melalui proses pengadilan. Jumlah denda maksimal yang harus dibayar sebesar Rp500 ribu sesuai dengan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. 

Menurut Ahok, busway khusus digunakan untuk bus TransJakarta dan jalur evakuasi. Polisi tidak lagi diizinkan menggunakan diskresi yang membiarkan atau memperbolehkan mobil pribadi masuk di jalur Bus TransJakarta saat kemacetan berlangsung. Untuk itu, Ahok sudah berkoordinasi dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Hak diskresi atas busway hanya diberikan kepada beberapa kendaraan saja, antara lain mobil pemadam kebakaran, mobil ambulans, mobil presiden dan wakil presiden, serta mobil menteri yang menggunakan plat nomor RI.


Blog, Updated at: 15.17.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda