Warga Aleppo Butuh Bantuan Alat Medis dan Ambulance

Posted by






PERAWANGPOS, Aleppo -- Sejak April yang lalu, Dompet Dhuafa sudah mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk Suriah, Aleppo.

Sabeth Abilawa, Penanggung Jawab Respon Dompet Dhuafa untuk Suriah, 
mengatakan ; bantuan Umat Islam Indonesia disalurkan melalui kerjasama dengan mitra lokal di Suriah.
Bantuan yang sudah disalurkan kepada pengungsi Aleppo berupa bahan pangan, pakaian layak pakai, selimut, juga kebutuhan bayi seperti popok dan susu. Namun saat ini,     kata dia ( Sabeth Abilawa ), bantuan mendesak yang dibutuhkan oleh pengungsi Aleppo adalah Alat medis dan Ambulance.

“Pantauan tim kami di Aleppo, kondisi rumah sakit di sana rusak berat. Serangan udara banyak menargetkan rumah sakit dan kamp pengungsi,” ujar pengurus harian Humanitarian Forum Indonesia ini, di Jakarta, Jumat (6/5).

Sekjend Forum Zakat Nasional ini juga menghimbau kepada lembaga-lembaga lain yang menyalurkan bantuan agar terkoordinas, yakni lewat wadah sinergi dan melibatkan unsur pemerintah RI atau Palang Merah Internasional (PMI).

Koordinasi ini sangat diperlukan demi menjaga keselamatan para relawan kemanusiaan dan menghindari stigma negatif dari masyarakat awam. Namun dia sendiri tidak menjelaskan apa yang dimaksudnya dengan stigma negatif masyarakat awam.

Sejauh ini, konflik Suriah di Kota Aleppo telah menelan korban jiwa hingga 200 orang. Sebanyak 12 ribu keluarga terjebak dan terputus dari akses akomodasi. Diperkirakan ada 350 ribu sampai 400 ribu orang terperangkap di wilayah konflik yang jumlah penduduknya mencapai dua juta orang itu. 

Sumber : NBC Indonesia


Blog, Updated at: 09.18.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda