Tertangkap Tangan Mencuri Sawit, Rumah dan Mobil Dibakar

Posted by

PERAWANGPOS, KUANSING - Ari Anggara, Warga Desa Muara Langsat, bersama dua orang rekannya Iswanto dan Randa, ditangkap masyarakat karena melakukan pencurian buah kelapa sawit di lahan perkebunan Desa Sukaraja Blok A Kecamatan Logas Tanah Darat (LTD) Kuansing, Riau. Akibat dari perbuatannya ini, rumah milik salah seorang pelaku atas nama Iswanto dibakar massa.

Informasi yang dirangkum datariau.com Selasa siang (10/5/2016) dari keterangan Humas Polres Kuansing, Iptu Musabi, penangkapan berawal dari penangkapan Ari Anggara saat melakukan pencurian di lahan perkebunan Desa Sukaraja Selasa subuh pukul 5:30 Wib. Lalu pelaku diamankan ke Pos Polisi Sukaraja, dan ditanyai masyarakat. Kemudian baru digiring ke Polsek LTD.

Berdasarkan keterangan pelaku, masyarakyat mengetahui, tersangka melakukan pencurian tidak sendirian yaitu bersama dua orang rekannya Iswanto dan Randa warga Desa Sako Margasari, RT 11/RW 3 Dusun 3.

Dari pengakuan pelaku ini masyarakat langsung mendatangi kediaman Iswanto dan melakukan pengepungan rumahnya, melihat massa begitu banyak Iswanto bersembunyi di atas loteng rumah sementara Randa bersembunyi di mobil colt diesel. Massa meminta Iswanto untuk turun. Namun ia tidak bergeming sedikitpun, karena merasa nyawanya terancam.

Karena tidak adanya respon dari pelaku, massa memaksa pelaku untuk turun dengan cara melempari dengan batu, membakar rumah dan kendaraan pelaku. Sementara satu sepeda motor dibanting hingga hancur, kendraan jenis pickup dibalikkan massa. Randa yang diketahui bersembunyi di dalam mobil colt diesel diamuk massa hingga babak belur.

Untuk mengamankan situasi, Polres Kuansing menugaskan Waka dan Kabag Ops turun ke lapangan untuk memback-up. Dibantu Polsek LTD mengamankan TKP dan memerintahkan Polsek LTD melakukan olah TKP oleh iden, mengamankan 2 tersangka, menenangkan massa bersama Upika mengupulkan bukti dan keterangan saksi, menyiagakan Sat Shabara, reskrim dan intel untuk memonitor TKP dan Polsek LTD untuk patroli.

Waka, Kabag Ops dan Polsek LTD memberikan pengarahan di Pos Polisi Sukaraja pada masyarakat dan tokoh masyarakat untuk tidak main hakim sendiri. Sedang dua pelaku telah digiring ke Polsek LTD menyusul rekannya yang lebih dulu telah diamankan dan akan dikirim ke Polres Kuansing.

Dengan diturunkannya satuan pengaman dari Polres Kuansing, masyarakat telah membubarkan diri dan kembali beraktivitas, dilaporkan situasi telah dapat dikendalikan dan telah kondusif. Sementara Ton Dalmas masih disiagakan di Polsek LTD.

Sumber : datariau.com


Blog, Updated at: 16.39.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda