Siak Tingkatkan Akses Internet, Telkom Hadirkan Smart City

Posted by

PERAWANGPOS, SIAK- Bupati Siak Syamsuar membuka rapat lanjutan program Smart City antara PT Telkom Wilayah Pekanbaru dan Wilayah Siak dengan Pemerintah Kabupaten Siak di ruang Rapat Pucuk Rebung, Selasa (2/5/2016).

Turut hadir Kepala BUMD Sarana Pembangunan Siak Bob Nurpriansyah, Telkom Witel Pekanbaru yang di wakili oleh Manager Bisnis dan Government Bisnis Casmawati, perwakilan Telkom Siak, penggerak Smart City Nusantara Muhammad Asrid dan Ahsan, Kepala Dinas Perhubungan dan Infokom Kaharuddin, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Syafrilenti, Asisten Administrasi dan Pemerintahan Umum Jamaluddin, serta pejabat terkait lainnya.

Sebelumnya Kabupaten Siak merupakan salah satu dari 2 kabupaten Kota yang terpilih untuk bisa memprogramkan Smart City selain kota Pekanbaru.

Dalam rangka mewujudkan Kabupaten Siak yang Smart City, PT Telkom yang bergerak di bidang telekomunikasi berusaha membantu memberikan solusi Smart City yang di inginkan Kabupaten Siak.
 
“Sebelum memprogramkan Smart City ini, kami harus tau dulu sampai dimana terlaksananya interkoneksi baik di kabupaten, Kecamatan serta di Kampung-Kampung” Ujar Syamsuar di awal sambutannya.

Sekarang memang sudah saatnya membuat program dimana semua informasi yang terkait dengan Pemerintah Kabupaten Siak di jadikan satu, oleh karena itu ketika kita bisa mencari informasi tidak perlu bersusah payah menghubungi Dinas terkait.

Untuk saat ini hampir di setiap SKPD serta Dinas yang ada di Kabupaten Siak sudah mempunyai aplikasi masing-masing yang  sesuai dengan tugasnya.

“Kami berusaha agar aplikasi yang sudah ada bisa terintegrasi dengan aplikasi lainnya, dengan itu SKPD atau Dinas terkait tidak susah payah untuk menginput ulang data mereka” kata Asrid penggerak Smart City Nusantara.

Untuk mengintegtasikan semua aplikasi yang ada, hal yang mungkin di lakukan adalah menarik data yang sudah ada di dalam aplikasi tersebut. Cara nya dengan membuat aplikasi Netral, yang berfungsi untuk mengambil dan mengumpulkan informasi yang ada di dalam aplikasi untuk di jadikan satu dengan informasi yang lainnya.

“Saya berharap dengan adanya program Smart City ini saya bisa memonitor kinerja dari setiap SKPD dan Dinas-Dinas” harap Syamsuar.

Di akhir pertemuan di adakan diskusi dengan Smart City Nusantara, yang membahas tentang solusi untuk SKPD dan Dinas terkait yang mempunyai aplikasi sendiri.


Blog, Updated at: 09.26.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda