Siak Termasuk Dalam Dewan Ketahanan Pengan Wilayah Barat Indonesia

Posted by

PERAWANGPOS, SURABAYA- Bupati Siak H Syamsuar Senin (16/05) malam, mengikuti Sidang Regional (Sireg) Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Wilayah Barat Indonesia Tahun 2016 di Hotel Mercure Grand Mirama - Surabaya, Jawa Timur. Kegiatan diikuti oleh Bupati dan Walikota selaku Ketua Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten/Kota dari wilayah Sumatera dengan mengambil tema Sinergi Program Aksi Pangan dan Gizi menuju Kedaulatan Pangan Nasional.

Sekretaris DKP Kementerian Pertanian Gardjita Budi mewakili Menteri Pertanian dalam sambutannya mengatakan ketahanan pangan yang sebenarnya adalah bukan hanya tersedianya bahan pangan yang berlimpah, melainkan adanya keterbukaan akses yang baik bagi masyarakat.

Kebijakan pembangunan pangan dan gizi diharapkan memberikan manfaat terbangunnya sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing, yang dicirikan oleh kondisi hidup sehat dan aktif serta produktif.

Sementara itu Bupati yang akrab dipanggil Bang Syam ini usai acara ketika dijumpai mengatakan pembangunan ketahanan pangan sudah menjadi komitmen dari pemerintah Kabupaten Siak yang menetapkan ketahanan pangan sebagai prioritas pembangunan nasional.

Sebagai tindak lanjut komitmen ini, Pemerintah Kabupaten Siak telah meletakkan pembangunan ketahanan pangan sebagai prioritas pembangunan daerah. Apalagi Kabupaten Siak telah dipilih dan ditetapkan oleh Kementerian Pertanian RI, sebagai satu-satunya daerah yang menjadi Taman Teknologi Pertanian di Riau, lokasinya di Kecamatan Sungai Mandau, tutur Syamsuar.
 
“Jika kita ingin mengikuti jejak daerah yang berhasil dalam meningkatkan ketahanan pangan, kita harus berusaha untuk bisa memenuhi pangan bagi masyarakat Siak,” harapnya.

Bapak yang suka tersenyum ini selalu mengingatkan agar masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya untuk menanam tanaman pangan. Tujuannya bisa mengurangi anggaran belanja keluarga. “Jadi kito bisa lebih berhemat,” katanya sambil berlalu.  

Sireg DKP wilayah barat ini  berlangsung dari tanggal 16-18 Mei 2016 yang diikuti sebanyak 154 Kabupaten/Kota. Selain itu hadir Gubernur Jawa Timur Sukarwo selaku tuan rumah./hms


Blog, Updated at: 05.56.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda