Setiap Buruh Harus Tahu Sejarah May Day

Posted by

PERAWANGPOS, Sejarah singkat hari Buruh “MAY DAY” 1 Mei. Pasti sudah banyak yang tahu bahwa setiap tanggal 1 Mei diperingati sebagai hari Buruh (May Day). Pada hari Buruh tersebut biasa terjadi demonstrasi dari para buruh untuk menuntut kehidupan yang layak dan melakukan protes atas beberapa peraturan pemerintah dan perusahaan yang tidak berpihak pada kaum buruh. Namun apakah anda tahu mengenai sejarah hari buruh setiap tanggal 1 Mei ini ?

Sejarah hari buruh, ada beberapa versi. Namun yang paling kuat adalah berdasarkan tragedi Haymarket pada tahun 1886. Pada waktu itu sebanyak 400 ribu buruh di AS menggelar demonstrasi besar-besaran untuk menuntut pengurangan jam kerja. Aksi ini berlangsung selama empat hari sampai tanggal 4 Mei 1886.

Merasa kewalahan dengan aksi demonstrasi ini, akhirnya para polisi AS melakukan penembakan untuk menghentikan aksi demo ini. Akhirnya, dari penembakan polisi AS ini ratusan buruh yang ikut dalam aksi tersebut tewas. Bahkan, pemimpin gerakan demonstrasi tersebut akhirnya ditangkap dan dihukum mati.

Untuk menghormati para buruh yang tewas dalam aksi demonstrasi itu, Kongres Sosialis Dunia yang digelar di Paris pada Juli 1889 menetapkan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh Sedunia (May Day). Hal ini memperkuat keputusan Kongres Buruh Internasional yang berlangsung di Jenewa tahun 1886 yang merupakan Kongres buruh internasional pertama dan menetapkan tuntutan pengurangan jam kerja menjadi 8 jam sehari sebagai perjuangan resmi buruh sedunia dan Tanggal 1 Mei ditetapkan menjadi hari buruh sedunia atau May Day.

Sumber : sejarah


Blog, Updated at: 09.18.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda