Rahasia Di Balik Wortel

Posted by

PERAWANGPOS, - Berbicara tentang wortel, makanan kesukaan kelinci ini ternyata menyimpaan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Pada umumnya orang-orang hanya mengenal wortel sebatas sebagai sumber vitamin A yang baik bagi mata. Namun, lebih daripada itu, sayuran berwarna oranye ini juga dapat membantu mengatasi beberapa penyakit tertentu.

Jika Anda saat ini suka rutin minum pil vitamin A, maka lupakan dari sekarang juga. Sebab, sumber vitamin yang luar biasa akan Anda dapatkan dari wortel.

Wortel, selain sebagai sumber vitamin A, juga dapat membantu masalah pada kulit, mencegah kanker, serta terkait dengan anti-penuaan sehingga cocok sebagai 'obat awet muda'. Benarkah?

Yuk kita simak apa sajakah khasiat yang didapat dari sayuran menakjubkan ini:

Sepuluh Manfaat Wortel untuk Kesehatan
-----------------------------------------------

1. Membantu mencegah kanker

Penelitian telah menunjukkan wortel dapat mengurangi risiko kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar.

Falcarinol adalah pestisida alami yang dihasilkan oleh wortel yang melindungi akar dari penyakit jamur. Wortel adalah satu-satunya sumber umum dari senyawa ini. Sebuah penelitian menunjukkan risiko kanker menjadi 1/3 lebih rendah pada seekor tikus yang makan wortel.

2. Meningkatkan penglihatan

Wortel kaya akan beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam hati. Vitamin A ditransformasikan dalam retina, untuk rhodopsin, pigmen ungu yang diperlukan untuk penglihatan malam.

Beta-karoten juga telah ditunjuk dapat melindungi terhadap degenerasi makula dan katarak senilis. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang makan dalam jumlah besar beta-karoten memiliki risiko 40 persen lebih rendah dari degenerasi makula daripada mereka yang mengkonsumsi sedikit.

3. Membuat kulit lebih sehat

Vitamin A dan antioksidan dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Kekurangan vitamin A justru dapat menyebabkan kekeringan pada kulit, rambut dan kuku. Vitamin A juga dapat mencegah kerutan dini, jerawat, kulit kering, pigmentasi, noda dan warna kulit yang tidak merata. 

4. Memperlambat penuaan

Tingginya tingkat beta-karoten dalam wortel bisa bertindak sebagai antioksidan untuk kerusakan sel yang dilakukan untuk tubuh melalui metabolisme biasa. Ini membantu memperlambat penuaan sel.

5. Masker wajah

Wortel dapat juga digunakan sebagai masker wajah yang murah dan sangat nyaman. Cukup campurkan wortel parut dengan sedikit madu, lalu bisa dipakai untuk masker wajah.

6. Membantu mencegah infeksi

Wortel dikenal oleh herbalis untuk mencegah infeksi. Mereka dapat digunakan pada luka robek dalam kondisi yang masih mentah atau direbus dan dihaluskan.

7. Membersihkan tubuh

Vitamin A membantu hati dalam membilas racun dari tubuh. Sehingga dapat mengurangi empedu dan lemak di hati. Serat hadir dalam wortel membantu membersihkan usus besar dan mempercepat gerakan limbah.

8. Mencegah penyakit jantung

Studi menunjukkan bahwa diet tinggi karotenoid berhubungan dengan rendahnya risiko penyakit jantung. Wortel tidak hanya mengandung beta-karoten, tetapi juga alpha-karoten dan lutein. Konsumsi secara teratur wortel juga mengurangi kadar kolesterol karena serat larut dalam wortel mengikat dengan asam empedu. 

9. Mencegah Stroke

Dalam sebuah penelitian di Harvard University, orang yang makan lima atau lebih wortel dalam seminggu cenderung tidak menderita strokedaripada mereka yang makan hanya satu wortel sebulan atau kurang.

10. Melindungi gigi dan gusi

Ketika Anda mengunyah wortel langsung, wortel dapat membersihkan gigi dan mulut. Mereka mengikis plak dan partikel makanan seperti sikat gigi atau pasta gigi. Wortel juga merangsang gusi dan memicu banyak air liur, yang, menjadi alkali, menyeimbangkan keluarnya bakteri pembentuk asam dan pembuat lubang gigi. Mineral dalam wortel juga mencegah kerusakan gigi.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Seputar Wortel
-----------------------------------------------------
Nutrisi dalam wortel terbungkus erat dalam kantung protein yang mudah rusak oleh panas (ketika memasak) atau tindakan mekanis (menumbuk, jus, mengunyah).

Memasak wortel dalam lemak atauminyak, membuatnya menjadi jus atau bubur dapat meningkatkan ketersediaan karotenoid hingga 600 persen.

Lemak juga membantu penyerapan karotenoid ke dalam darah hingga 1.000 persen, layaknya karotenoid yang larut dalam lemak, maka tuangkanlah sedikit minyak zaitun di atasnya
Yuk mulai sekarang juga konsumsi wortel untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Sumber: resepmenggapaisehat.com


Blog, Updated at: 08.49.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda