Padukan 3 Fungsi Dalam 1 Produk, Fliptruck Karya 3 Mahasiswa Ubaya Juarai Kompetisi Nasional

Posted by

PERAWANGPOS, SURABAYA -Mengusung produk manual material handling, 3 mahasiswa Jurusan Teknik Industri Universitas Surabaya (Ubaya) berhasil menjuarai kompetisi DESCOMFIRST 2016.

DESCOMFIRST merupakan kompetisi desain produk yang diadkan oleh Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Kompetisi tersebut diadakan pada 2-3 Mei 2016.

Yongki Lio, Oktavia Karlina, dan Florencia Tandian membuat produk bernama Fliptruck, yaitu produk manual material handling yang memiliki lebih banyak fungsi dari produk pada umumnya.

"Fliptruck memiliki 3 fungsi, yaitu untuk mengangkut barang bentuk stand (berdiri), bertingkat, dan horizontal," kata Yongki.

Dalam posisi stand dan bertingkat, Fliptruck dapat menahan beban hingga 50 kg dengan 4 tumpukan setinggi 100 cm. Sedangkan dalam posisi horizontal, Fliptruck mampu menahan beban seberat 300 kg dengan 2 tumpukan setinggi maksimal 100 cm.

Yongki, Karlina, dan Florencia yakin bahwa Fliptruck yang mereka buat lebih efisien daripada alat pengangkut biasa. "Karena bahan yang kami gunakan adalah pipa dan plat baja sehingga kuat. Fliptruck juga efisien dengan 3 fungsi dan mudah dibawa kemana saja," ungkap Yongki.

Apalagi, tambah Karlina, dengan adanya 3 fungsi dalam satu alat, Fliptruck menekan biaya lebih dari Rp 1 juta. "Kalau beli 3 alat tersendiri, totalnya bisa mencapai Rp 2.350.000, tapi dengan Fliptruck biaya yang dibutuhkan hanya Rp 1.099.000," jelasnya.

Mereka bertiga belum berniat untuk langsung melepas Fliptruck ke pasaran. Mereka masih ingin memperbaiki beberapa hal dalam alat tersebut.

"Kami akan memperbaiki pada estetikanya karena basis kami di teknik dan sama sekali tidak memperhatikan tampilan produk. Diperbagus supaya nilai jualnya bisa lebih tinggi," kata Yongki.

Alat yang mengalahkan 10 kompetitor pada babak final itu berhasil mengantarkan tim Ubaya meraih hadiah sebesar Rp 5 juta. Mereka mengalahkan Universitas Kristen Maranata Bandung yang berada di juara 2 dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember di peringkat 3.

Sumber: surya.co.id


Blog, Updated at: 23.30.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda