Meski Leicester City Yang Juara Liga Inggris, Justru Liverpool Yang Mendapatkan Hadiah Uang Lebih Banyak

Posted by

PERAWANGPOS -- Meski tidak pernah menjuarai Liga Primer dan kali terakhir menjuarai Liga Inggris pada 1990, Liverpool tetap mendapatkan uang hadiah lebih besar ketimbang Leicester City yang menjadi juara Liga Primer Inggris 2015/2016.

Seperti dikutip dari Total Sportek, Leicester City akan mendapatkan uang hadiah sekitar 90,9 juta poundsterling atau setara Rp1,75 triliun menyusul keberhasilan menjadi juara Liga Primer musim ini. Jumlah itu naik cukup signifikan daripa uang yang didapat The Foxes musim lalu (71,6 juta poundsterling).

Namun, meski berhasil menjadi juara musim ini, Leicester bukan tim dengan raihan uang hadiah terbesar di Liga Primer musim ini. Tim besutan Claudio Ranieri itu masih kalah dari tim-tim besar seperti Arsenal, Manchester City, Chelsea, dan Manchester United.

Tottenham Hotspur yang merupakan pesaing Leicester dalam perebutan gelar Liga Primer musim ini, justru mendapatkan uang hadiah 95 juta poundsterling. Bahkan Liverpool yang saat ini menduduki peringkat delapan klasemen dan tertinggal 22 poin dari Leicester, mendapatkan uang hadiah lebih banyak.

Liverpool diprediksi akan mendapatkan uang hadiah total 92,4 juta poundsterling di Liga Primer musim ini. Chelsea yang terpuruk di peringkat sembilan akan mendapatkan 90,8 juta poundsterling.

Distribusi uang hadiah Liga Primer terbagi menjadi tiga. Pertama, 50 persen pendapatan Liga Primer akan dibagi rata ke-20 klub. Kedua, 25 persen pendapatan akan dibagikan berdasarkan posisi di klasemen akhir, dengan 1,23 juta poundsterling didapat tim dasar klasemen dan juara mendapatkan 24,7 juta poundsterling.

Distribusi terakhir dibagikan berdasarkan siaran langsung pertandingan. Setiap tim yang pertandingannya disiarkan langsung akan mendapatkan 875 ribu poundsterling (setara Rp16,8 miliar) per laga.

Meski mendapatkan uang hadiah lebih sedikit, Leicester tetap berpeluang meraup keuntungan dari sukses menjadi juara Liga Primer.

Seperti dikutip dari BBC Sport, perusahaan pemasaran asal Inggris Repucom, memprediksi Leicester akan mendapatkan pemasukan hingga 150 juta poundsterling (setara Rp2,89 triliun) dari keberhasilan menjadi juara.

Pemasukan itu akan didapat dari uang partisipasi di Liga Champions, kenaikan harga tiket musim depan, penjualan merchandise, dan peningkatan pendapatan dari sponsor.

Sumber : CNN


Blog, Updated at: 13.08.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda