Kecerdasan Yusril Kalahkan Keangkuhan Ahok

Posted by





PERAWANGPOS, Jakarta -- Mohamad Nasih, Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), menilai calon gubernur DKI Jakarta Yusril Ihza Mahendra berpeluang besar memenangkan pilkada DKI 2017 mendatang. Tak heran, semua survey mengunggulkan Yusril, ujar Nasih.
"Yusril adalah figur yang sangat potensial mengalahkan Ahok dalam pilkada 2017 nanti," ujar Nasih kepada wartawan di Jakarta, Rabu (11/5/2016).
Ada dua hal yang menyebabkan Yusril mengungguli Ahok. Pertama, Ahok makin disudutkan dengan kasus Reklamasi dan Sumber Waras. Kedua, Ahok terlihat makin angkuh dalam menggusur rakyat kecil, jelas Nasih.
Nasih mengatakan, berdasarkan keputusan pengadilan, penggusuran yang dilakukan Ahok terhadap rakyat kecil jelas-jelas melanggar hukum. "Dan kasus-kasus yag mengalahkan Ahok dipengadilan itu diadvokasi langsung oleh Yusril Ihza Mahendra. Itulah yang menyebabkan popularitas Yusril naik disatu sisi, dan elektabilitas Ahok turun disisi yang lain," pungkas Nasih.
Nasih menjelaskan, kemampuan Yusril mengalahkan Ahok disebabkan oleh dua hal. Pertama, Ahok makin terdesak dengan kasus Suber Waras dan reklamasi. Kedua, Ahok dinilai makin pongah dalam menggusur rakyat kecil.
Nasih mengatakan, penggusuran yang dilakukan Ahok terbukti melawah hukum karena rakyat ternyata berada di pihak yang benar berdasarkan keputusan pengadilan. "Dan kasus-kasus yag mengalahkan Ahok itu diadvokasi langsung oleh YIM. Itulah yang mengakibatkan elektabilitas Yusril di satu sisi naik, dan elektabilitas Ahok turun," pungkas Nasih.
Ditambahkan oleh Veri, survei yang dilakukannya melibatkan 620 responden dengan pertanyaan terbuka atau top of mind. . Survei dilakukan pada 24 April-4 Mei 2016.
Sementara itu, elektabilitas Sandiaga Uno hanya 2,26 persen, mantan Menpora Adhyaksa Dault 1,29 persen.
Sebelumnya, ketika disodorkan 10 nama kandidat bakal calon gubernur kepada responden, elektabilitas Ahok memperoleh persentase sebesar 38,9 persen. Sedangkan Yusril memperoleh persentase 24,7 persen dan disusul dengan Tri Rismaharini atau Risma dengan persentase 5,2 persen.
Sumber : Teropong Senayan


Blog, Updated at: 09.03.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda