GOR Tualang Jadi Saksi Pembukaan Kejuaran Domas Cup IV

Posted by

PERAWANGPOS, PERAWANG- Ditandai dengan pemukulan Gong oleh Wakil Bupati Siak Alfedri, pembukaan Kejuaraan Domas Cup IV dan laga TGR dan Pasanggiri resmi dibuka. Dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng sempena Milad Domas Cimande ke 47 induk cabang Sumatera - Riau di Gedung Olahraga (GOR) Tualang,  Kamis (5/05/2016).

Ketua Panitia Kegiatan Panji Sumirat menyampaikan milad Domas Cimande ke 47 tahun 2016 diikuti perwakilan Domas Cimande dari berbagai daerah baik dari Riau dan Kepulauan Riau. Hadir juga dua atlet Internasional dan perwakilan asal Domas Cimande dari Tasik Malaya, Jawa Barat.

Panji menjelaskan kejuaraan Domas Cup ini diikuti 500 orang, terdiri dari Domas Cimande Batam, Domas Kian Santang Dumai, Domas SMAN 2 Kota Dumai, Domas Kujang Sakti Dumai, Domas Muslimin Dumai, Domas Gelap Nyawang Dumai, Domas Kijang Kencana Dumai Timur, Domas Ulin Endah Tualang, Domas Tepak Endah Tualang, Domas Prakesti Dayun, dan Domas Cimande dari Pekanbaru. Sementara untuk Perwakilan dari Padang dan Jambi berhalangan hadir," ungkapnya.

Ia menyebutkan perguruan Domas Cimande mewarnai perkembangan olahraga Silat di Riau, yang dimulai sejak tahun 1969. Domas Cimande ini, lahir bertujuan unutk membangun jiwa dan raga pemuda Riau, agar menjadi satria yang berguna bagi nusa dan bangsa.

"Alhamdulillah kami diterima, sudah 47 tahun di negeri lancang kuning. Perguruan Domas sudah memberikan prestasi tingkat Nasional maupun internasional," kata Panji.

Panji  mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Siak, pemerintah Kecamatan Tualang yang mendukung digelarnya Milad dan sekaligus kejuaran di GOR Tualang. Terimakasih juga kepada  PT BSP yang menjadi sponsor utama dan menjadi perusahaan perduli budaya bangsa.

Wakil Bupati Siak Alfedri saat sambutannya, mengucapkan selamat berulang tahun Domas Cimande ke 47. Ia mengaku sangat mengapresiasi pelaksanaan kejuaraan ini. Karena Domas Cimande telah memberikan kontribusi bagi perkembangan dunia olahraga pencak Silat di Kabupaten Siak.

"Selamat ulang tahun bagi Domas Cimande yang sudah berusia 47 tahun, artinya  usia termasuk cukup matang," sebutnya.

Menurut Alfedri olahraga  silat memiliki keunggulan, Silat tidak hanya melatih  fisik dan raga saja tetapi juga mental. Dengan demikian, silat bisa  menciptakan anak bangsa sehat, berkualitas dan percaya diri, terutama menghadapi persaingan global

"Saya selalu mengingatkan kepada anak-anak generasi penerus bangsa agar waspada terhadap godaan yang bisa menejerumuskan seperti penggunaan narkoba. Kegiatan seperti ini tentu sangat positif sekali selain berolahraga, juga dapat menyelamatkan anak bangsa," tambah dia.

Oleh karena itu, pemerintah Kabupaten Siak terus mendorong pengembangan olahraga khususnya Silat di Kabupaten Siak.

GOR ini kita bangun sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan para atlit, dan untuk pembinaan pemerintah mengalokasikan anggaran melalui KONI Kabupaten Siak.

Wabup Alfedri  berharap kejuaraan Domas Cimande ke IV tahun 2016 bisa melahirkan atlit berprestasi, mampu membawa nama harum Kabupaten Siak baik di tingkat regional, nasional maupun Internasional.
 
"Selamat bertading, kedepankan sportifitas, tingkatkan prestasi sehingga mampu membawa harum nama kab siak dan daerah Riau," pungkasnya.
 
Sementara itu, Camat Tualang Zulkifli menyambut baik kegiatan Domas Cimande di Tualang. Iven ini diharapkan dapat menambah atlit Silat berprestasi bagi Kabupaten Siak.

"Apalagi, hadir dua pesilat  nasional yang sudah meraih prestasi di ajang Internasional, bisa menjadi contoh bagi atlit Silat daerah," imbuhnya.

Kejuaraan Domas Cup IV ini memperebutkan piala bergilir berupa Kujang, senjata tradisional dari Jawa Barat. Selain itu dilakukan penyerahan bendera secretariat dari Guru Besar kepada pengurus. Dilanjutkan dengan atraksi silat dari atlet internasional asal Jawa Barat./hms


Blog, Updated at: 15.04.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda