Wabub Siak : Mari Baca AlQuran 1 day 1 page

Posted by

PERAWANGPOS, SUNGAI MANDAU- Rintik-rintik hujan sudah terlihat turun di sebuah kampung yang biasanya sunyi dan sepi, akan tetapi malam ini semuanya berubah menjadi tempat yang di padati oleh ratusan masyarakat. Orang nomor dua di Kabupaten Siak Alfedri beserta istri dan yang malam itu ditemani ketua DPRD Siak Indra Gunawan hadir di tengah-tengah mereka dalam rangka pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat kecamatan Sungai Mandau yang ke-VI. Pembukaan MTQ tingkat kecamatan Sungai Mandau tersebut bertempat di halaman mesjid Al-Munawwaroh kampung Olak , Kecamatan Sungai Mandau pada senin malam (25/4/2015).

Turut hadir mendampingi Camat Sungai Mandau Irwan Kurniawan, Upika kecamatan Sungai Mandau, Sekcam Sungai Mandau Mukhtasar dan kepala kampung se-kecamatan Sungai Mandau beserta para undangan.

Di awal sambutannya Alfedri mengajak masyarakat untuk tidak bosan-bosannya membaca Al-Qur’an, minimal satu hari satu lembar. Selain dibaca juga dipahami artinya agar kita bisa memahami isi di dalam Al-Qur’an yang kita baca itu” harap wabup. 

Pelaksanaan MTQ ini tentunya bukan hanya untuk mempersiapkan Qari Qariah saja, tetapi jauh dari itu bagaimana kita bisa mewujudkan kecintaan untuk membaca Al-Qur’an. Tetapi jangan lupa untuk membaca dan memahami artinya, Sehingga kita bisa mengamalkannya di dalam kehidupan kita sehari-hari. 

Pembelajaran Al-Qur’an tidak hanya lewat Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) yang sudah ada di setiap kecamatan, akan tetapi pembelajaran Al-Qur’an juga bisa dilakukan di rumah yakni pendidikan langsung dari orang tua.

Sesuai dengan program Bupati Siak “Magrib Mengaji”, dimana diharapkan agar orang tua aktif untuk membimbing dan menciptakan anak-anak kita agar gemar membaca Al-Qur’an setiap harinya selepas mengerjakan Shalat Magrib.

“Saya berharap dengan adanya MTQ tingkat kecamatan Sungai Mandau ini, akan lahir Qari Qariah terbaik dari kecamatan Sungai Mandau bahkan bisa terbaik untuk di kabupaten Siak” harap alfedri di ahkhir sambutannya.

Semoga dengan adanya Pesantren Gontor 14 yang ada di kecamatan Sungai Mandau ini, diharapkan bisa membantu menciptakan masyarakat yang agamis dan berahlak mulia serta menciptakan generasi pecinta Al-Qur’an.

“Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an bukan hanya untuk memperkuat syiar islam, lebih dalamnya diharapkan dapat menjadi barometer untuk mengukur tingkat pembelajaran Al-Qur’an di dalam masyarakat, khususnya di kecamatan Sungai Mandau kita ini” kata Camat Sungai Mandau Irwan Kurniawan di dalam sambutannya.

MTQ tingkat kecamatan Sungai Mandau yang ke-VI ini, di selenggarakan mulai dari tanggal 25 april sampai 27 april 2016 ini, bertujuan agar bisa memantapkan semangat ukhuwah islamiah, kualitas seni baca Al-Qur’an, menciptakan masyarakat madani dan Generasi Qur’ani serta berahlak mulia.

Dalam MTQ ini, peserta yang mengikuti sebanyak 189 orang yang terdiri dari 85 laki-laki dan 104 perempuan. Serta cabang yang di perlombakan adalah Musabaqah Tatil Qur’an, Musabaqah Tilawatil Qur’an (Golongan anak-anak, remaja dan dewasa), Musabaqah Tahfizul Qur’an (Golongan 1 Juz), Musabaqah Kaligrafi Qur’an (katagori naskah), Musabaqah Fahmi Qur’an, Musabaqah Syarhil dan Barzanji.

Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat kabupaten Siak yang di selenggarakan bulan Juli mendatang, Kecamatan Sungai Mandau di percayakan untuk menjadi tuan rumah. Di akhir acara, alfedri beserta ibu Rasidah menyempatkan diri untuk mengunjungi stand-stand kampung yang ada di MTQ ini./hms


Blog, Updated at: 05.50.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda