Soal Ujian Nasional Tersebar via Aplikasi Chatting Line

Posted by

PERAWANGPOS, JOGJA - Ombudsman RI DIY kembali menerima laporan adanya soal UN Paper Based Test (PBT) yang tersebar di kalangan siswa DIY, Senin (11/4/2016).

"Baru tadi pagi ada 4 pelajar dari sebuah SMA Negeri di Kota Yogyakarta melaporkan kepada kita, kali ini mereka membawakan bukti yang lebih kuat dengan poto yang tersebar lewat aplikasi chatting Line," jelas Asisten ORI DIY, Rifki Taufiqurrahman di kantornya Jl RW Monginsidi Yogyakarta.

Total ada puluhan poto soal dari 3 mata pelajaran yang soal PBT nya tersebar yaitu Matematika, Kimia dan Biologi.

Soal itu diujikan pada saat PBT dan tersebar pada malamnya sementara soal Computer Based Test (CBT) baru dilaksanakan keesokan harinya.

"Awalnya siswa ini tidak begitu memperhatikan gambar soal PBT yang tersebar tersebut, mereka mengaku tidak menggunakannya namun seusai dia mengerjakan soal CBT dia melihat kembali dan menemukan adanya kesamaan dengan soal yang baru saja dia kerjakan," jelas Rifki.

Dia menambahkan memang tidak semua soal PBT yang ada dalam gambar sama dengan CBT yang dikerjakannya apalagi nomernya juga diacak, tapi tetap ada kesamaan yang dianggapnya merugikan bagi siswa yang murni belajar secara mati-matian guna menghadapi UN.

Sumber : Tribunews.com


Blog, Updated at: 05.40.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda