Ratusan Juta Orang di Negara Ini Menderita Kekeringan Dan Gelombang Panas

Posted by

PERAWANGPOS, India --  Sekitar 330 juta orang menderita kekeringan di India seiring gelombang panas yang menerpa negara itu. Warga miskin India paling menderita akibat kekurangan air dan para petani sulit mengairi tanaman mereka.

Angka penderita kekeringan ini disampaikan oleh pengacara senior India PS Narasimha yang dikutip AFP, Rabu (20/4). Menurut Narasimha, jumlah penderita kekeringan ini setara sepertiga dari populasi India, tersebar di 10 negara bagian.

Kekeringan melanda setelah dua tahun terakhir India hanya diguyur hujan dengan intensitas rendah, ditambah dengan gelombang panas yang mendera bagian timur negara itu. 

Ratusan orang dari kalangan miskin India tercatat meninggal setiap tahunnya akibat cuaca panas. Namun suhu yang ekstrem tahun ini dikhawatirkan akan meningkatkan jumlah korban tewas.

Badan meteorologi India pada Rabu mengeluarkan peringatan gelombang panas di Orissa dan dua negara bagian lainnya, dengan suhu yang diramalkan mencapai hingga 45 derajat Celcius dalam beberapa hari ke depan.

Semua sekolah di Orissa ditutup hingga pekan depan karena panas yang menyengat. Sementara di wilayah Bengal Barat, warga menggelar demonstrasi akibat kekurangan air.

"Kami tidak pernah mencatat suhu setinggi ini dalam lebih dari 100 tahun," kata komisaris khusus bencana di Orissa, P K Mohapatra.

Laporan soal keluarga atau petani di desa terpencil harus berjalan jauh mencari air karena sumur mereka kering menghiasi media-media lokal di India.

Narasimha mengatakan pemerintah telah mengeluarkan dana bantuan bagi wilayah terdampak, terutama di daerah yang warganya kekurangan air karena pembatasan konsumsi.

sekitar 300 juta rakyat India menderita kekeringan. (Reuters/Jayanta Dey)

Para politisi di India dikecam warga karena dituduh menghamburkan air saat berkunjung ke daerah kekeringan. Kecaman muncul setelah gambar tangki air di negara bagian Karnataka diturunkan untuk menyiram jalanan yang berdebu jelang kedatangan menteri negara pada Selasa lalu.

Akibat panas dan kekeringan juga, pengadilan memerintahkan pertandingan kriket di Liga Primer India dipindahkan ke daerah yang tidak kekurangan air. Pertandingan itu dikhawatirkan akan membuat negara bagian Maharashtra menghamburkan air untuk menjaga kelembaban lapangan olahraga.

Prakiraan cuaca menunjukkan musim penghujan di atas rata-rata akan terjadi tahun ini, memberi harapan bagi para petani yang pengairannya bergantung pada air hujan. Sebanyak 60 persen populasi di India bekerja di sektor pertanian.

Sumber : CNN


Blog, Updated at: 10.11.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda