OP Buat Rancangan Akhiri Penjajahan di Tepi Barat

Posted by

PERAWANGPOS, Ramallah – Pernyataan juru bicara luar negeri Amerika, Mark Toner, Sabtu kemarin yang menyatakan, masih terlalu dini membicarakan rancangan resolusi Palestina yang digagas PBB untuk mengakhiri penjajah Israel di wilayah Palestina terjajah 1967.

Hal ini menunjukan sejauhmana kelemahan dan kegagalan yang dialami otoritas Palestina, setelah 23 tahun penanda tanganan kesepakatan Oslo.

Pernyataan Toner juga muncul setelah datangnya utusan Palestina ke PBB yang membagi-bagikan draft keputusan Palestina kepada nagara-negara Arab yang mengajak meningkatkan upaya internasional dan regional secara diplomatik untuk mengakhiri penjajahan terhadap Palestina tahun 1967.

Sejumlah pengamat sepakat menilai, keberpihakan Amerika terhadap Israel tak bisa ditutup-tutupi lagi. Inilah yang menjadi kebijakan Amerika sejak puluhan tahun lalu.

Tak Ada Tuntutan Jelas

Profesor bidang informasi di Universitas Al-Quds, Abu Des, Prof. Dr. Ahamd Rafiq Awad menilai, Otoritas Palestina masih bergerak di pinggir karena komitmen dengan solusi damai dan terikat dengan negara-negara donor.

Dalam keteranganya dengan koresponden Infopalestina ia mengatakan, langkah yang dilakukan OP merupakan hasil kajian untuk tidak menimbulkan kemarahan pihak manapun. Oleh karena itu, drfat OP hanya sekedar slogan dan ancaman dilakukan sebagai irama rebana yang tidak menunjukan keseriusan.

Sebab keberpihakan Amerika merupakan ekses dari kelemahan bangsa Arab. Walau organisasi Arab yang mendukung semua kebijakan Amerika di kawasan, namun organisasi Arab tersebut tak mampu menekan pemerintah Amerika agar mengakui negara Palestina. Inilah yang dimaksud dengan kegagalan negara Arab.

Disebutkan, OP seiring dengan bertambahnya waktu justru semakin lemah. Kelemahan ini bisa terjadi karena dua hal, menerima dan menyerah atau menolak sama sekali. Kita ini masih dalam pase tidak adanya bergaining dan hanya berjalan di tempat sejak 23 tahun lalu.

Sumber: Infopalestina.com


Blog, Updated at: 13.29.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda