Masyarakat Siak Banyak Belum Tahu HIMPAUDI, Apa Itu ?

Posted by

PERAWANGPOS, SIAK- Usia terlahir hingga pra sekolah (Golden Age) anak , adalah usia yang tepat untuk menanamkan nilai kejujuran, salah satunya melalui Program Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur (Gernasmanjur) yang digagas Himpaudi. Demikian dikatakan Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Siak Jamaluddin, saat menghadiri pelantikan pengurus Himpaudi Kabupaten Siak periode 2016-2020 di Siak Sri Indrapura (09/03/16).

Acara tersebut dihadiri Ketua HIMPAUDI Pengurus Wilayah Propinsi Riau yang diwakili oleh Dra. Hj.Hartati selaku perwakilan III, Ketua TP PKK Kabupaten Siak Misnarni Syamsuar, Ketua DWP Kabupaten Siak Rahimawati Hamzah, jajaran pengurus Himpaudi Siak baru dilantik.

Dalam sambutannya Jamaluddin menilai, kejujuran adalah faktor penting dalam menilai keberhasilan pendidikan karakter anak. "Zaman sekarang ini, orang jujur sulit dicari, kalau karakter anak tidak dibentuk dengan baik sejak dini, akan menjadi salah satu sebab anak berani berbohong pada orang tua demi sesuatu, tanpa memikirkan dampak buruknya” sebutnya.

Jamal lalu memberi contoh, mengapa di Kabupaten Siak saat ini tengah marak kasus narkoba, pencabulan dan pelecehan seksual. "Ini semua terjadi karena kejujuran belum tertanam dengan baik pada karakter anak" jelas Jamal.

Terkait program Gernasmanjur, lanjut Jamal perlu didukung semua pihak. Namun selain pola pembelajaran di PAUD, juga diperlukan sentuhan dari orang tua sebagai penggerak pembentukan karakter. Sebab bagaimanapun, PAUD sebagaimana wadah pendidikan lain juga punya keterbatasan, misalnya waktu belajar anak yang singkat maupun eksistensi PAUD yang masih belum diketahui seluruh lapisan masyarakat khususnya di kampung-kampung.

“Masih ada masyarakat yang belum mengetahui HIMPAUDI itu sendiri, terutama masyarakat yang ada di desa. Inilah tugas HIMPAUDI untuk mengembangkan dan menjadikan masyarakat desa sebagai prioritas” harap dia.

Program Gernasmanjur ini kata Kurmardani Ningsih, Ketua Himpaudi Kabupaten Siak yang baru dilantik, telah menjadi komitmen organisasi yang dipimpinnya selaku  pelopor gerakan nasional itu. Ia juga berharap keberadaan Himpaudi kedepan mampu menjadi mitra pemerintah dalam mensukseskan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Keluarga.

“Himpaudi senantiasa mengharapkan dukungan dari bapak bupati dan dinas terkait, semoga kami bisa bergandengan tangan Pemerintah Daerah” sebutnya.
Kegiatan pelantikan Pengurus Himpaudi, juga dirangkai dengan kegiatan Rapat Kerja Daerah organisasi, yang bertujuan mewujudkan pendidikan PAUD yang berkualitas, serta mampu melakukan pembinaan, serta memfasilitasi pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini./hms


Blog, Updated at: 19.37.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda