Kepala Kampung Lalang : Setiap Jarak 100 M Harus Ada Kantong Air

Posted by

PERAWANGPOS, SUNGAI APIT -Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregional Sumatera Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Siak menggelar Sosialisasi Upaya Pencegahan Kebakaran Lahan dan Hutan di Provinsi Riau Tahun 2016 di Gedung Serbaguna Kampung Lalang, kemarin.

Hadir para narasumber, Erni Wulandari selaku Kasubbad Hutan dan Hasil Hutan dari Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alamsyah selaku Kabid Pemulihan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Siak, Kapolsek Sungai Apit Iptu Rangga Warsito, Danramil Sungai Apit Kapten Sugino, Camat Sungai Apit yang diwakili Sekcam Walmala dan Penghulu Kampung Lalang Daroni, perangkat Kampung Lalang beserta warga Kampung Lalang

Dalam sambutannya.

Penghulu Kampung Lalang Daroni mengatakan, pelaksanaan sosialisasi di Kampung Lalang, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak dan Provinsi Riau, karena musibah kebakaran hutan dan lahan hampir setiap tahun terjadi dan Provinsi Riau pada umumnya, terutama pada saat musim kemarau."Dan peristiwa ini merupakan isu lingkungan yang perlu dilakukan pencegahan dan pengendaliannya,"katanya.

Lanjut Daroni mengungkapkan, apalagi sekarang musim kemarau panjang dengan suhu panas yang ekstrem. Oleh sebab itu, diharapkan semua unsur eleman dan lapisan masyarakat dapat mengantisipasi sedini mungkin dan bekerja keras dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan."Selain itu, diharapkan kepada masyarakat maupun yang memiliki lahan hendaknya membuat kantong-kantong air setiap 100 meter," imbaunya.

Sejauh ini, kata Daroni, untuk mencegah musibah kebakaran hutan dan lahan, pemerintah gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat, tentang ancaman hukuman maupun himbauan agar tidak membuka dan membersihkan lahan dengan cara membakar. Pemerintah Kampung Lalang terus berupaya melakukan berbagai kegiatan untuk menggerakan seluruh elemen masyarakat, sebagai upaya pencegahan terjadinya karhutla.

"Untuk itu, saya mengucapkan ucapan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada tim sosialisasi upaya pencegahan kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Riau Tahun 2016 yang telah menggelar kegiatan sosialisasi ini.

Dengan demikian, maka kebakaran hutan dan lahan kedepannya dapat diatasi bersama," harap Daroni.

Sementara itu, Erni Wulandari mengatakan, sosialisasi ini guna mengatasi terjadinya permasalahan kebakaran lahan dan hutan. Sangat tepat kiranya dipersiapkan segala upaya antisipasi mulai dari upaya pencegahan, penanggulangan, pemadaman, sampai pada pemulihan.

Tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini, merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Riau dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan yang selama ini menjadi sorotan baik ditingkat Nasional maupun Internasional.

"Dengan adanya sosialisasi yang kita laksanakan pada hari ini, hendaknya dapat menyadarkan kita semua bahwa begitu pentingnya menjaga lingkungan dan kesehatan," jelasnya.

Sumber : riaumandiri.co


Blog, Updated at: 09.15.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda