Kelompok UPPKS Cahaya Kampung Tualang Mengharum Nama Siak

Posted by

PERAWANGPOS, TUALANG-Usaha Peningkatan Penghasilan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Cahaya asal Kampung Tualang Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau, berhasil meraih juara pertama pada perlombaan dalam rangka Hari Keluarga Nasional XXIII Tingkat Provinsi Riau.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BP3AKB Kabupaten Siak H Sumantri Ismoyo, Kamis (21/4/2016).

Berdasarkan fax yang diterima dari BKKBN Riau tertanggal 13 April 2016, nomor 986/TU.302/J4/2016, perihal hasil penilaian Kelompok Kegiatan (BKB, BKR, BKL, UPPKS, Keluarga Harmonis, PPKS dan PIK R/M) dalam rangka Harganas XXIII  tingkat Provinsi Riau tahun 2016.

Menurutnya, prestasi ini tidak terlepas dari peran TP PKK Kabupaten Siak dan PKK Kecamatan Tualang yang selalu memberikan dukungan dan perhatian serta membina kelompok dan kader UPPKS Cahaya tersebut.

Selanjutnya, sebut pria yang pernah bekerja di TVRI ini, kelompok UPPKS Cahaya Tualang dan pasangan Keluarga Harmonis Lubuk Dalam mewakili Provinsi Riau mengikuti perlombaan pada tingkat Nasional.

Selain itu Kabupaten Siak juga juga meraih juara pertama pada lomba keluarga harmonis tingkat Provinsi Riau, yang berasal dari pasangan Dulmanik dan Parinem dari Kecamatan Lubuk Dalam.

Dengan keberhasilan ini Penghulu Tualang Juprianto memberikan selamat atas prestasi dari kelompok UPPKS Cahaya. Ia berharap kelompok tersebut bisa menjadi wadah dan penggerak perekonomian masyarakat, serta warga menjadi termotivasi dan lebih kreatif.

Persaingan usaha hingga susahnya mencari kerja membuat kaum ibu- ibu Tualang berupaya untuk membantu meringankan beban suami dalam meningkatkan pendapatan keluarga.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Siak Misnarni Syamsuar mengaku bangga atas prestasi ini. Dia menilai, prestasi ini diraih berkat kerja keras bersama.

"Tentunya kami melakukan dukungan dan pembinaan tidak semata-mata hanya untuk lomba saja, melainkan untuk menumbuhkan usaha kecil dari kelompok masyarakat atau perorangan," jelasnya.

Dengan demikian, lanjutnya, yang tadinya Pra Keluarga Sejahtera menjadi Keluarga Sejahtera, dan diharapkan meningkat menjadi kelompok ekonomi produktif.

"Dengan adanyan pembinaan ini kelompok UPPKS yang ada diseluruh kampung agar bisa memanfaatkan dengan baik dan dapat menangkap adanya peluang usaha, sehingga bisa berkembang dan menjadi calon pengusaha yang sukses," harapnya.

Ketua kelompok UPPKS Cahaya  kampung Tualang Saribudi Yatiningsih juga merasa senang dan bangga, karena kelompoknya berhasil membawa harum nama Kabupaten Siak ditingkat Provinsi Riau. Dia menceritakan kelompok UPPKS yang dipimpinnya dimulai sejak 2014. Produk yang ditawarkan berupa kerajinan tangan, souvenir, makanan, pembibitan tanaman, serta usaha pinjam untuk anggota.

"Hasil usaha ini kami pasarkan melalui media sosial, pasar lokal dan bahkan ada yang pesan dari luar Riau," jelasnya.

Dia menjelaskan, omset perbulan mencapai Rp2 juta, bahkan lebih kalau ada iven besar ditingkat kecamatan maupun kabupaten. "Tahun 2015 lalu, omset kami mencapai Rp27,6 juta,"tutupnya./hms


Blog, Updated at: 05.57.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda