Waduuhh... Aung San Suu Kyi Berang Diwawancarai Wartawan Muslim di BBC

Posted by


Pemimpin NLD Aung San Suu Kyi

PERAWANGPOS -- Pemimpin NLD Myanmar, Aung San Suu Kyi marah tatkala ditanyakan soal perihal kekerasan yang diterima umat Islam Rohingya. Suu Kyi yang selama ini diklaim sebagai figur pemimpin demokrasi itu langsung menohok mempertanyakan wartawan BBC yang mewawancarainya.

Hal tersebut terungkap lewat sebuah buku biografi berjudul The Lady and The Generals — Aung San Suu Kyi and Burma’s Struggle for Freedom. Buku tersebut ditulis oleh jurnalis The Independent, Peter Popham.

“Tidak ada yang memberitahu saya bahwa saya akan diwawancarai seorang Muslim,” ujar Suu Kyi off air sesaat setelah diwawancarai oleh presenter BBC keturunan Inggris-Pakistan, Mishal Husain, pada Oktober 201 lalu.

Tindakan Suu Kyi yang menyinggung soal agama presenter BBC tersebut kemudian ramai ditanggapi di media sosial. Suu Kyi, seorang yang merupakan figur demokrasi disayangkan justru tidak bisa moderat menghadapi pertanyaan semacam itu.

Dalam wawancara tersebut, Husain menanyakan Suu Kyi terkait perlakuan kelompok mayoritas Buddha di Myanmar kepada para Muslim Rohingya.

Suu Kyi bersikeras bahwa kekerasan tersebut bukanlah tindakan “pembersihan etnis” dan mengatakan, “Muslim memang mengalami kekerasan, tapi kelompok Buddha juga merasakan yang sama. Ada ketakutan di kedua sisi.”

Berdasarkan artikel yang ditulis Popham dalam situs The Independent pada Jumat, 6 Maret, informasi tersebut didapatkannya lewat sumber yang “terpercaya”. Namun Juru bicara BBC menolak untuk memberikan keterangan saat dihubungi AFP.

Sebelumnya, Suu Kyi telah mendapatkan berbagai kritik internasional karena tidak membela para Muslim Rohingya serta menolak kandidat Muslim dalam Pemilu Myanmar pada November lalu.

Suu Kyi akan dilantik sebagai Menteri Luar Negeri Myanmar dalam rezim pemerintahan sipil pertama di Myanmar setelah beberapa dekade.[SI]


Blog, Updated at: 12.57.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda