Respon Cepat Perbaiki Jalan Rusak, Dinas BMP Siak masuk 99 Top Inovasi Pelayanan Publik Nasional

Posted by

PERAWANGPOS, SIAK- Berdasar Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB-) No. 51/2016, Kementerian PANRB menetapkan Respon Cepat Perbaikan Jalan Rusak di Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Siak masuk dalam Top 99 inovasi pelayanan publik, dari 2.476 inovasi peserta kompetisi inovasi pelayanan publik 2016. Saat ini, tengah dilakukan penilaian menuju Top 35.

Demikian dikatakan Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Mirawati Sudjono dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (14/03/16) sesuai dicatut website Menpan.go.id.

“Kompetisi inovasi pelayanan publik 2016 merupakan agenda tahunan, yang diselenggarakan sejak tahun 2014,” ujarnya.

Dijelaskan, kompetisi ini merupakan wujud dari program one agency, one inovation(OAOI), yang mewajibkan setiap kementerian, lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten/kota wajib menciptakan minimal satu inovasi setiap tahun.

Untuk mendapatkan instansi mana yang sudah berinovasi, maka digelarlah kompetisi inovasi.  Kompetisi serupa juga digelar secara international, yakni Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB-), yang dikenal dengan United Nation Public Services Award (UNPSA).

Mirawati menyampaikan apresiasi kepada instansi yang sudah mendaftarkan inovasinya dalam kompetisi ini. “Saya sangat mengapresiasi instansi yang sudah mendaftarkan inovasinya dalam kompetisi inovasi pelayanan publik tahun ini,” ujarnya.

Dia menegaskan, dengan adanya kompetisi ini, maka setiap intansi harus berusaha menciptakan minimal satu inovasi. Pemerintah melalui Menteri PANRB akan menegur intstansi yang tidak mengirimkan atau mendaftarkan satupun inovasi dalam kompetisi.

“Jika tidak mengirim akan ditegur oleh Menteri PANRB, seperti tahun lalu,” ujarnya.

Animo intansi untuk mengikut kompetisi ini, semakin tinggi. Pada 2014 ada 515 inovasi yang yang dikompetisikan dan menghasilkan Top 99 serta Top 9. Penyerahan penghargaan kepada Top 9 dilakukan oleh Menteri PANRB dalam acara penutupan Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas)  2014.

Pada 2015, jumlah  peserta meningkat menjadi 1.184 inovasi, dan menghasilkan Top 9 dan Top 99. Penyerahan penghargaan kepada Top 25 disampaikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, pada penutupan Musrenbangnas 2015.

Hal yang berbeda dengan sebelumnya, tahun ini BUMN juga diundang untuk ikut sebagai peserta kompetisi. Dari total 2.476 inovasi yang ikut, sudah ditetapkan Top 99, yang kini tengah dievaluasi untuk mendapatkan Top 35. “Kami berharap Presiden Joko Widodo berkenan memberikan penghargaan untuk inovasi yang terpilih sebagai top 99 dan top 35,” ujar Mira.

Mirawati berharap setiap intsansi saling meniru, mentransfer dan mengaplikasikan inovasi-inovasi yang sudah dibuat.  Karena itu Kementerian PANRB bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan menggelar simposium dan gelar inovasi pelayanan publik. “Acara tersebut akan digelar di Surabaya pada tanggal  31 Maret – 2 April 2016,” imbuh Mira, seraya menambahkan bahwa dalam acara itu, para inovator Top 99 akan tampil untuk menyampaikan inovasinya.

Sebagai wujud apresiasi, Kementerian PANRB akan menerbitkan buku Top 99. “Hal yang baik perlu dicontek. Begitu pula dengan inovasi. Karena itu, silakan hadir dan melihat  inovasi dan gelar pelayanan publik di Surabaya,” imbuhnya.

Screenshot_2016-03-14-23-36-26-150x150

Menanggapi salah satu program rutin dinasnya, masuk dalam 99 Top Inovasi, Kadis BMP Siak H Irving Kahar didampingi Kabid Bina Marga Ardi Irfandi mengaku senang, dan berharap bisa masuk dalam 35 Top Inovasi setelah penilaian akhir nantinya.

“Kita senang bisa masuk dalam daftar 99 top inovasi pelayanan publik tingkat nasional. Bahkan kita menjadi satu-satunya dari Provinsi Riau untuk berbagai inovasi pelayanan publik,” tegas Irving Kahar.

Kabid Bina Marga, Ardi Irfandi menegaskan bahwa pelayanan yang diberikan Dinas BMP dalam merespon keluhan masyarakat Siak terhadap perbaikan jalan rusak, seiring keberadaan peralatan yang cukup dan ditopang anggaran.

“Selama ini respon kita cepat, dan setiap ada keluhan jalan Kabupaten dan lintas Kecamatan yang rusak, langsung kita respon,” urainya.

Sumber : Goriau.com


Blog, Updated at: 09.51.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda