Mau Bereaksi, Seorang Pemuda Tertangkap Basah Oleh Warga Kwalian

Posted by

PERAWANGPOS, SIAK – Beberapa waktu belakangan ini warga Kwalian Kelurahan Kampung Rempak memperketat penjagaan malam karena masyarakat diresahkan dengan adanya kemalingan.

Dan hal itu membuat naas seorang pemuda tanggung yang beraksi beda seiring hobinya kerap mengintip rumah warga, yang tertangkap basah berada di sekitar rumah warga disaat usai Subuh.

Mendapati itu warga menangkap dan mengintrogasinya di Poskamling. Ia mengakui perbuatannya dan membuat perjanjian tidak mengulangi aksi intipnya lagi. Apalagi tindakan itu membuat warga menyangka Dia pelaku pencurian di Kwalian. Sebagaimana seorang warga pernah mengadu ke Kepala Lingkungan (Kaling) setempat bahwasanya ada salah seorang warga pernah kehilangan Handphone di kediamannya.

Subuh pukul 05.00 wib, Jumat (18/03/16) ES, warga setempat, berhasil menangkap pelaku diduga hendak masuk ke rumahnya dengan cara membobol jendela rumahnya. Kemudian ES bersama tetangganya membawa pelaku ke Pos Kamling dan memanggil Warga serta Bhabinkantibmas kelurahan Kampung Rempak.

Diketahui, pelaku bernama RW (18) warga tempatan, dan mengaku sudah beberapa kali melakukan aksi mengintip.

Bhabinkantibmas Kelurahan Kampung Rempak, Nofri Yanto mengatakan pelaku sudah dua kali diamankan warga.

“RW ini kemarin pernah juga diamankan warga, pertama dia mencuri HP, sekarang diduga melakukan pencurian lagi,” ujar Nofri.

Saat ditanya tentang sanksi yang diberikan, Nofri menjelaskan karena, pihak korban memaafkan pelaku maka diselesaikan dengan problem solfing. Yaitu dengan mengikuti kegiatan pos kamling selama empat bulan berturut-turut dan membersihkan Masjid Arrahmat setiap hari Jumat sebagai hukuman sosialnya.

“Dengan tujuan sanksi tersebut untuk pembinaan mental dan menimbul efek jera bagi pelaku yang masih muda,” jelas Nofri.

Kemudian warga membuat surat pernyataan ditanda tangani oleh Bhabinkantibmas, Kepala Lingkungan, Rukun Keluarga, Rukun Tetangga, Pelaku dan Ketua Pemuda Kwalian.

Dengan inti pernyataan seandainya diulangi lagi aksi pencurian tersebut oleh pelaku maka akan dilakukan proses hukum dan akan dilimpahkan kepihak yang berwewenang.

Sumber : infosiak


Blog, Updated at: 13.50.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda