Hadist Mengenai Ilmu Laduni, Shahih kah?

Posted by

عن أنس بن مالك رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: ((مَنْ عَمِلَ بِمَا يَعْلَمْ وَرَّثَهُ اللهُ عِلْمَ مَا لمَ ْيَعْلَمْ)) رواه أبو نعيم

Dari Anas bin Malik radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Barangsiapa yang mengamalkan ilmu yang telah diketahuinya maka Allah akan mewariskan untuknya ilmu yang belum diketahuinya”.

Hadits ini dikeluarkan oleh Imam Abu Nu’aim al-Ashbahani dalam kitab “Hilyatul auliyaa’” (10/14-15) dari jalur Imam Ahmad bin Hambal, dari Yazid bin Harun, dari Humaid ath-Thawil, dari Anas bin Malik, dari Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam.

Hadits ini adalah hadits palsu yang dipalsukan atas nama Imam Ahmad bin Hambal, yang memalsukannya adalah salah seorang dari para rawi antara Imam Abu Nu’aim dan Imam Ahmad bin Hambal1.


Imam Abu Nu’aim al-Ashbahani setelah membawakan riwayat hadits ini dengan sanadnya, beliau berkata: “(Imam) Ahmad bin Hambal menyebutkan ucapan ini (matan/redaksi hadits ini) dari salah seorang Tabi’in, dari (Nabi) ‘Isa bin Maryam ‘alaihissalam, lalu salah seorang rawi (yang mendengar dari Imam Ahmad) keliru (dan menyangka) bahwa Imam Ahmad menyebutkannya dari RasulullahShallallahu’alaihi Wasallam. Kemudian rawi tersebut membuat (memalsukan) sanad hadits ini atas nama Imam Ahmad. Hadits ini dengan sanadnya tidak benar (diriwayatkan) dari Imam Ahmad bin Hambal”2

Penulis: Ust. Abdullah Taslim, Lc., MA.


Blog, Updated at: 13.32.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda