Bupati Siak Drs. H Syamsuar, Msi : Jangan Cuma Pandai Memakai Duit Yang Ada

Posted by

PERAWANGPOS, SIAK – Wajah Bupati Siak, Syamsuar, nampak sangat serius saat akan membuka Forum Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) di ruang pertemuan Raja Indra Pahlawan di lantai dua Kantor Bupati Siak, Rabu (16/3).

Selain semua kepala SKPD dan camat, Ketua DPRD Siak, Indra Gunawan dan Wakil Ketua DPRD Siak Hendri Pangaribuan juga ada di sana.

Banyak hal yang dia tegasi kepada semua anak buahnya itu. Mulai dari soal anggaran, hingga ke Pekan Imunisasi Nasional (PIN). Yang paling dia tegasi, para kepala SKPD tidak cuma bisa kreatif membikin dan menjalankan program. Tapi mencari duit untuk membiayai program tadi justru harus lebih kretaif.

Banyak duit yang bisa ditarik dari provinsi maupun pusat. Belum lagi kalangan swasta juga bisa. “Jangan cuma bisa mengandalkan duit yang ada di APBD Siak. Cari duit keluar. Saya baru mengatakan saudara hebat kalau saudara kreatif mencari pembiayaan. Kalau tak bisa cari duit, terjun ke Sungai Siak sajalah,” kata Syamsuar setengah bercanda.

Bukan lantaran Dana Bagi Hasil (DBH) yang berkurang saja yang membikin Syamsuar  menggeber semangat para anak buahnya itu. Tapi sudah sejak lama. Bahwa seorang kepala SKPD musti bisa mencocokan kegiatannya dengan apa yang menjadi rencana di provinsi maupun pusat biar anggaran bisa mengocor ke daerah.

“Dana bagi hasil sudah jauh berkurang. Saya minta kepada saudara untuk sangat berhati-hati menggunakan anggaran yang ada. Pakailah duit itu secara efektif, efisien dan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. Bikinlah kegiatan yang benar-benar bermanfaat, punya sasaran yang jelas dan cocok dengan visi jangka menangah dan panjang,” pintanya.

Bagi yang minta dinaikkan pagu anggaran, Syamsuar juga minta supaya kepala SKPD bisa menjelaskan secara detil, kenaikan pagu itu untuk apa. Jelas ndak outcomenya.

Selain itu, Syamsuar juga mengingatkan para kepala SKPD untuk tetap membikin program terhadap sekolah menengah dan atas, listrik desa serta kehutanan meski kewenangan ini sudah diambil oleh provinsi.

Biar semua program bisa jalan, Syamsuar minta supaya para kepala SKPD keroyokan. “Jangan kerja sendiri-sendiri,” katanya.

Soal ancaman kebakaran lahan dan hutan, giliran camat yang diingatkan. “Sampai bulan besok cuaca masih sangat panas terus. Tolong dipantau terus potensi-potensi yang akan memicu kebakaran lahan dan hutan. Di situ mendengar ada kejadian, langsung turun. Jangan dibiarkan membesar dan jangan suruh orang ke sana. Tapi saudara sendiri harus turun,” tegasnya.

Lantaran Pekan Imunisasi Nasional (PIN) masih jalan, Syamsuar juga minta supaya semua petugas medis turun hingga ke kampung-kampung. Datangi rumah-rumah mereka. Kasihan jika sampai ada bayi yang tak kebagian imunisasi. Anggap saja ini ibadah, biar semangat terus,” katanya. /hms


Blog, Updated at: 21.36.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda